Pusing Kepala Ketombean, Ini Cara Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Zaitun

- 15 Januari 2022, 06:15 WIB
  Ilustrasi rambut yang berketombe dan cara menghilangkan menggunakan minyak zaitun
Ilustrasi rambut yang berketombe dan cara menghilangkan menggunakan minyak zaitun /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Ketombe memang merepotkan, membuat kulit kepala gatal dan memaksa Anda untuk menghindari mengenakan atasan hitam favorit Anda.

Sayangnya, kebanyakan produk anti ketombe mengandung bahan kimia yang merusak kesehatan rambut Anda. Alternatif yang lebih aman adalah menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak jarak untuk mengobati ketombe.

Selama berabad-abad tahun, minyak zaitun telah digunakan sebagai obat untuk mengobati banyak masalah kulit kepala, yang dapat membantu mengobati dan mengendalikan ketombe. Minyak Zaitun ini mengandung sifat antijamur yang dapat secara efektif mengelola infeksi kulit kepala terkait.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Hari ini Sabtu, 15 Januari 2022 : Kehidupan, Kesehatan, Cinta, dan Karir atau Keuangan

Minyak zaitun kaya akan asam risinoleat yang bekerja sebagai agen antimikroba dan fungisida yang sangat baik. Ketombe biasanya dipicu oleh dermatitis seboroik yang menyerang area yang kaya akan kelenjar minyak.

Bukti anekdotal menunjukkan bahwa asam lemak omega-9 dalam minyak zaitun dapat membantu melembabkan rambut Anda dan menyeimbangkan pH kulit kepala Anda. Minyak ini juga mengurangi kekeringan dan gatal pada kulit kepala.

Ini menyeimbangkan sekresi minyak juga dan dapat mengurangi ketombe. yuk simak  cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun yang dilansir dari stylecraze di bawah ini.

1. Minyak Zaitun dan Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki banyak manfaat yang bisa kamu gunakan, salah satunya untuk menghilangkan ketombe pada rambut.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cancer Hari ini Sabtu, 15 Januari 2022 : Kehidupan, Kesehatan, Cinta, dan Karir atau Keuangan

Bahan alami yang satu ini mengandung anti jamur, anti bakteri, dan anti inflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi iritasi pada kulit kepala akibat ketombe.

Karena itu, minyak pohon teh sangat pas jika dipadukan dengan minyak zaitun untuk mengatasi masalah ketombe sekaligus membuat kulit kepalamu lebih sehat. Nah, jika kamu tertarik, begini cara membuatnya:

-Campurkan 2 sdt minyak zaitun dengan 10 tetes minyak pohon teh
-Aplikasikan campuran keduanya secara merata pada kulit kepala dan rambut dengan  dipijat
-Setelah itu, pijat kembali selama sekitar 10-15 menit
-Diamkan selama 30 menit atau kamu juga bisa membiarkannya selama semalaman
-Terakhir, cuci rambut dengan shampo yang ringan. Setelah itu, gunakan conditioner mulai dari tengah rambut hingga ujung. Pastikan hanya pada rambut ya, jangan sampai          mengenai kulit kepala.

2. Minyak Zaitun dan Putih Telur
Ternyata, putih telur tak hanya bermanfaat untuk kulit wajah saja lho, putih telur yang mengandung berbagai enzim dapat berguna mengatasi ketombe dengan efektif bersama minyak zaitun.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Style Craze


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x