BPOM Buka Suara Terkait Virus Cacar Monyet. Ini Penjelasannya!

- 4 Agustus 2022, 11:16 WIB
ilustrasi cacar monyet.
ilustrasi cacar monyet. /instagram @kotomonodotco

PRIANGANTIMURNEWS - Kondisi darurat global membuat Indonesia turut waspada yang diakibatkan dari meningkatnya status cacar monyet.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadpi Sadikin mengemukakan, vaksin cacar masih efektif memberikan perlindungan terhadap penerima manfaat dari risiko penularan penyakit cacar monyet.

Sedangkan ketua BPOM, Penny K Lukito menyebut tidak menutup kemungkinan izin cacar monyet atau monkeypox bisa diberikan. Terutama, bila ada industri farmasi yang mendaftarkan vaksin monkeypox.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membenarkan seorang warga di Jawa Tengah (Jateng) yang dikategorikan sebagai suspek (dugaan) cacar monyet.

Baca Juga: Info Terbaru, Paypal Kini Resmi Terdaftar Dalam PSE Indonesia

Pasien tersebut adalah seorang laki-laki berusia 55 tahun dan bukan PPLN yang saat ini tengah dirawat isolasi di RS Swasta.

Pasien tersebjt akan menjalani tes usap polymerase chain reaction (PCR) untuk memastikan cacar monyet atau bukan.

Pasien suspek cacar monyet tersebut kini masih dalam pengecekan oleh Tim Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes ke Dinas Kesehatan Jateng terkait perawatannya. Diketahui, sampai saat ini, belum terdapat kasus konfirmasi infeksi cacar monyet di Indonesia. Namun, pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat harus tetap waspada.

Ketua Satgas Monkeypox PB IDI, Dr Hanny Nilasari mengungkapkan, ada dua permintaan khusus terkait vaksin cacar monyet dari kelompok gay.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: instagram @kotomonodotco


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x