Selama Ini Dianggap Sampah, Ini Lima Manfaat Rambut Jagung Bagi Kesehatan

- 9 Desember 2023, 20:30 WIB
Rambut jagung ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.
Rambut jagung ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. /PMJ News/Amazon/

PRIANGANTIMURNEWS - Rambut jagung selama hanya dianggap sampah belaka. Setelah jagung diambil rambutnya langsung dibuang.

Padahal rambut jagung ternyata
memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti mengatasi masalah tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, radang sendi.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, rambut jagung memiliki banyak kadungan senyawa antioksidan seperti tanin, allantoin, saponin, dan fitosterol.

Baca Juga: Biodata Hersa Rahayu Julianti, Istri dari Rizki DA, Resmi Menikah pada Hari Ini

Kelebihan lainnya, rambut jagung juga mengandung karbohidrat, protein, serat, serta vitamin seperti vitamin E dan vitamin K. Berikut ini adalah manfaat rambut jagung bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Diabetes
Rambut jagung yang diekstrak bisa memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit diabetes. Dengan rambut jagung yagn telah diolah dapat memperlambat penyerapan gula di usus. Dengan perlambatan itu, lonjakan gula darah mampu diatasi.

2. Turunkan Tekanan Darah
Rambut jagung punya kandungan sifat diuretik, artinya bisa membuang kelebihan air dan garam dari dalam tubuh. Dalam sebuah penelitian, hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Korsleting Listrik Sebabkan Rumah Warga di Makasar Terbakar

Tak hanya itu, rambut jagung punya senyawa yang bisa menghambat kerja enzim yang membantu produksi hormon angiotensin II. Asal tahu saja hormon ini bisa meningkatkan tekanan darah.

3. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih
Bagi yang bermasalah dengan saluran kemih, rambut jagung bisa jadi alternatif obat untuk mengurangi gejala infeksinya. Sifat anti radang dalam rambut jagung dapat mengurangi rasa nyeri dan terbakar saat buang air kecil..

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x