Sembilan Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Setiap Hari dan 7 Efek Negatifnya

- 21 Desember 2023, 09:59 WIB
Ilusttasi biji kopi./pixabay/priangantikurnews
Ilusttasi biji kopi./pixabay/priangantikurnews /

PRIANGANTIMURNEWS - Minum yang telah kini menjadi gaya hidup seseorang ternyata juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Bahkan Kopi (murni yang digiling dari bijinya, bukan instan dalam kemasan), menurut sebagian orang, adalah salah satu minuman terbaik dibandingkan teh.

Minum kopi murni diklaim memiliki beragam khasiat kesehatan bagi sejumlah orang.

Baca Juga: BTPN Syariah Bangkitkan Perekonomian Ibu-ibu di Pangalengan, Yeni: Alhamdulillah Saya Bisa Bangun Rumah

Namun sejumlah khasiat itu bisa didapat hanya jika Anda meminumnya secara polos; kopi hitam hangat tanpa perpaduan komposisi lain, bahkan gula sekalipun.

Para ahli menyarankan agar orang dewasa minum setidaknya dua cangkir kopi hitam setiap hari, yaitu sekali di pagi hari setelah sarapan, dan satu cangkir di malam hari.

Berikut adalah 9 manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang diklaim baik bagi kesehatan --serta 7 efek negatifnya-- seperti dilansir dari Medium, Times of India, dan AARP Amerika Serikat, Rabu 20 Desember 2023.

Baca Juga: Virus COVID-19 Varian Anyar JN.1 Bikin Geger Warga Jakarta dan Batam Kepulauan Riau


1.Membantu daya ingat

Kopi hitam bermanfaat bagi pikiran. Ini membantu otak untuk tetap aktif, yang membantu meningkatkan daya memori. Secara bersamaan, ini juga membantu menjaga saraf tetap aktif, dan karenanya mencegah demensia.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x