Simak, Manfaatkan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan dengan 5 Amalan Ini

- 20 April 2021, 21:28 WIB
Orang yang sedang berdoa sekaligu berdzikir.
Orang yang sedang berdoa sekaligu berdzikir. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS– Bulan Ramadhan terjadi sekali dalam satu tahun hijriyah atau kalender menurut hisaban Islam.

Bulan Ramadhan terdiri dari 30 hari atau 29 hari. Pada bulan ini, seluruh umat manusia diwajibkan atasnya untuk berpuasa di siang hari dan berbuka di malam hari.

Puasa artinya menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dan menahan diri dari segala perkara yang mampu merusak pahala puasa seorang muslim.

Selama 1 bulan penuh, Allah Swt memberikan banyak kelimpahan kepada seluruh umat muslim yaitu dengan membagi 30 hari ramadhan menjadi 3 bagian utama.

Baca Juga: Polresta Tasikmalaya dan Dishub Sidak ke Terminal Tipe A Indihiang Kota Tasikmalaya

Sebagaimna dalam hadit dikatakan, Rasulullah Saw pernah bersabda, “Awal Ramadhan adalah rahmat, pertengahan ramadhan adalah maghfirah, dan akhir ramadhan adalah itqun minan narr (pembebasan dari api neraka,” (H.R Bukhari).

10 hari pertama di bulan ramadhan, Allah Swt memberikan rahmat bagi siapa saja orang yang berpuasa dan memuliakan bulan ramadhan. Sehingga, 10 hari pertama ini, harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan memperbanyak amalan-amalan kebaikan.

Dilansir priangantimurnews dari beberapa sumber, terdapat setidaknya lima amalan yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan 10 hari pertama di bulan ramadhan, yaitu:

Pertama, Sholat berjamaah. Sholat merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim tanpa terkecuali. Di bulan ramadhan ini, sangat dianjurkan untuk sholat berjamaah. Apalagi sholat isya yang diiringi dengan sholat tarawih.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x