Rumus Kunci Kesuksesan dan Kedisiplinan Menurut Quraish Shihab

- 22 Mei 2021, 08:48 WIB
Profesor Quraish Shihab
Profesor Quraish Shihab /Instagram@najwashihab/

PRIANGANTIMURNEWS - Cendekiawan Muslim, Profesor Muhammad Quraish Shihab beberakan rumus kunci kesuksesan dan kedisiplinan.

Dalam unggahan Najwa Shihab di YouTube miliknya dengan judul Acara Kumpul Keluarga Shihab, Jumat, 21 Mei 2021, menjelaskan rumus kunci kesuksesan dan kedisiplinan keluarga Shihab dari generasi ke generasi.

Menurutnya salah satu rumus kunci kesuksesan dan kedisiplinan keluarga Shihab dari generasi ke generasi menurut Profesor Muhammad Quraish Shihab adalah kebebasan untuk menentukan pilihan serta arahan kedua orang tua. 

Baca Juga: Empat Kawanan Perampok Bersenjata Api Berhasil Merampas Uang Rp25 Juta, Korban Sempat Ditembak

"Saya sekolah di SMP Muhammadiyah meskipun praktik ibadah di rumah itu bukan Muhammadiyah. Tetapi karena wawasan yang luas ini menganggap bahwa perbedaan itu wajar dan tidak perlu kita kungkung seseorang untuk menganut paham tertentu selama itu masih dibenarkan agama," ujarnya.

Pada Acara Kumpul Keluarga Shohab ini hadir pula adik dan putri Prof Quraish di antaranya, Alwi Shihab, Nizar Shihab, Najeela Shihab, dan Nasywa Shihab.

Alwi menyampaikan ada satu keinginan kuat tertanam dalam diri Ayahnya untuk bersekolah di Timur Tengah namun tidak terwujud karena kendala perizinan, yang menjadi sebab ia dan kakaknya pergi melanjutkan pendidikan ke Mesir.

"Beliau itu kan oleh pamannya mau dikirim ke Mesir tetapi dicegah oleh ibunya karena beliau adalah anak satu-satunya. Jadi ada cita-cita yang belum tercapai, maka dari itu saya kira kita diarahkan ke Mesir sebagai pemenuhan ekspektasi beliau masih muda dengan membuktikan meskipun ia tidak bisa tapi anak-anaknya bisa sekolah di Mesir," tutur Alwi.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 22 Mei 2021: Kehidupan, Cinta, Investasi akan sukses bagi 3 zodiak ini

Hal itu kemudian diamini oleh Prof Quraish bahwa selama di Mesir selain mengingatkan untuk giat dalam belajar melalui surat, kedua orang tuanya pun senantiasa berpesan agar jangan pulang sebelum lulus program doktoral. 

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @najwashihab


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x