Kumpulan Doa di Pagi Hari, Baca Sebelum Melakukan Aktivitas Agar Diberikan Keberkahan dan Kelancaran

- 25 Oktober 2021, 06:46 WIB
Ilustrasi berdoa di pagi hari sangat bagus dilakukan sebelum melakukan aktivitas
Ilustrasi berdoa di pagi hari sangat bagus dilakukan sebelum melakukan aktivitas /Prefix/
PRIANGANTIMURNEWS - Berdoa adalah suatu kewajiban kita untuk meminta segala sesuatu hanya kepada Allah SWT.
 
Terdapat beberapa waktu yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW, kepada umatnya untuk senantiasa berdoa atau meminta kepada Allah SWT.
Di antaranya adalah berdoa di pagi hari.
 
Membaca doa pagi hari merupakan salah satu amalan yang dianjurkan. Sebab pagi hari merupakan waktu yang istimewa berdasarkan permintaan Rasulullah SAW kepada Allah SWT. 
 
 
 
Sebagaimana dalam sebuah hadist dari sahabat Shokhr Al Ghomidiy, Rasulullah SAW bersabda:
اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا
 
Artinya: "Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya."
 
Berikut kumpulan doa di pagi hari, yang telah di rangkum priangantimurnews.com dari berbagai sumber.
 
1. Diriwayatkan dari Abu Hurairah di dalam hadits Abu Dawud, setiap paginya Rasulullah SAW senantiasa membaca sebuah doa.
 
 Bacaan doa yang sering dipanjatkan Rasulullah SAW pada pagi hari adalah sebagai beikut:
 
اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ
 
Artinya: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali," (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).
 
 
2. Mengutip dari Imam an-Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar (Kitab Induk Doa dan Zikir), berikut bacaan doa pagi hari lainnya yang bisa diaplikasikan bagi umat muslim:
 
أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ
 
 
Artinya: "Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,"
 
 
3. Doa pagi hari berikutnya bisa dibaca seusai sholat subuh atau sholat sunnah dhuha. Berikut doa agar dimudahkan rezekinya di pagi hari:
 
اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَةَ عَرْشِكَ وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيعَ خَلْقِكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُولُكَ
 
 
Artinya: "Ya Allah, aku telah berpagi, aku persaksikan Engkau, dan aku persaksikan kandungan 'arys-Mu, malaikat-malaikat-Mu serta seluruh makhluk-Mu bahwa Engkau adalah Allah, tiada tuhan selain-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan Rasul-Mu. (HR. Abu Daud, Sunan Abi Dawud, Kitab Al-Adab, Bab Ma Yaqulu Idza Ashbaha, nomor: 4407).
 
 
4. Selanjutnya, untuk memohon keberkahan rezeki, umat muslim dapat memanjatkan doa berikut ini:
 
اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
 
 
Artinya: "Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu."
 
Itulah beberapa doa yang dianjurkan untuk dibaca pada pagi hari. Semoga hidup kita senantiasa diberikan keberkahan, dan kemudahan.***
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah