4 Makna Dahsyat Doa Qunut Shalat Saat Dibacakan Shalat Subuh, Salahsatunya Di Lindungi Allah dari Bahaya

- 18 Desember 2021, 08:13 WIB
Doa qunut
Doa qunut /Freepik / @jcomp

PRIANGANTIMURNEWS - Doa qunut memiliki riwayat bersejarah dan makna yang dahsyat.
 
Bagaimana latar belakangnya dan bagaimana dahsyatnya makna doa qunut, ini ulasannya.
 
Latar belakang doa Qunut berawal dari sekelompok orang datang menghadap Rasulullah SAW.
 
 
Mereka mengaku seluruh desanya masuk Islam dan membutuhkan pengajaran dan pendidikan Islam.
 
Maka Rasulullah pun mengutus 70 sahabat hafizh Quran untuk mengajari mereka. Namun, ketika sampai di Bir Ma’unah, para sahabat tersebut dibantai. 
 
Rasulullah marah, kemudian mendoakan kecelakaan atas orang-orang yang telah membunuh para sahabat beliau tersebut.
 
 
Setiap shalat, beliau mendoakan kecelakaan dan laknat atas mereka bahkan menyebut langsung nama tokoh dan kabilah mereka.
 
Sebagian riwayat menyebutkan beliau berdoa saat ruku’ sebagian riwayat menyebutkan beliau berdoa saat bangkit dari ruku’ (i’tidal).
 
Hingga turunlah Surat Ali Imran 128-129. Ayat itu melarang Rasulullah mendoakan kejelekan tersebut.
 
 
Sebab Rasulullah berbeda dengan nabi-nabi terdahulu yang umatnya diazab saat menentang dakwah. Rasulullah memiliki umat hingga hari kiamat.
 
Maka beliau kemudian mengganti doa tersebut dengan doa yang baik, yang dalam istilahnya disebut qunut.
 
Sebagaimana hadits shahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud, An Nasa’i, Tirmidzi dan Ahmad.
                                            اللَّهُمَّ اهْدِنِى فِيمَنْ هَدَيْتَ. وَعَافِنِى فِيمَنْ عَافَيْتَ. وَتَوَلَّنِى فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ. وَبَارِكْ لِى فِيمَا أَعْطَيْتَ
                     وَقِنِى شَرَّ مَا قَضَيْتَ. إِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ. وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ. وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

 

Artinya:
Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha suci Engkau, wahai Rabb kami Yang Maha tinggi.

Dalam doa qunut, Rasulullah meminta petunjuk, perlindungan, kasih sayang, keberkahan dan pembelaan Allah, karena sesungguhnya hanya Allah SWT yang kuasa memberikan petunjuk kepada hambaNya agar tidak tersesat.
 
Hanya Allah yang Kuasa memberikan perlindungan kepada makhlukNya dan siapa yang Dia lindungi, tak akan ada yang bisa mencelakainya.
 
Seseorang yang membaca doa qunut pada saat Shalat Subuh, insya alloh doa nya akan terkabul. Sebagaimana yang diminta dalam doa qunut, demikianlah Allah akan memberiNya.
 
 
1. Mendapat petunjuk dan dihindarkan dari kesesatan. Sebagaimana yang diminta yaitu “Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk.”
 
2. Mendapat perlindungan Allah dari marabahaya dan diberi kesehatan. Sebagaimana yang diminta yaitu “Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi.
 
3. Disayang oleh Allah. Sebagaimana doa yang dipanjatkan yaitu “Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi.”
 
 
4. Kehidupannya diberkahi. Apa yang telah Allah anugerahkan baik berupa materi maupun pasangan hidup dan anak-anak juga diberkahi Allah.
 
Demikian penjelasan mengenai dahsyatnya doa Qunut saat Sholat Subuh yang akan membuat kita mendapatkan keberkahan, kebahagiaan, dan keselamatan di dunia maupun akhirat nanti. 
 
Itulah ke 4 makna dahsyat saat seseorang membacakan doa qunut.***

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah