17 Hari Menuju Bulan Ramadhan, Simak 5 Tips Mengatur Keuangan Dalam Islam

- 17 Maret 2022, 12:55 WIB
Kebutuhan barang selama ramadhan bisasnya akan membengkak dari hari biasanya. Ini 5 tips mengatur keuangan menurut Ajaran Islam
Kebutuhan barang selama ramadhan bisasnya akan membengkak dari hari biasanya. Ini 5 tips mengatur keuangan menurut Ajaran Islam /pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Beberapa hari lagi kita akan menyambut bulan ramadhan, pada bulan ini pasti kebutuhan tentu tidak sedikit, maka dari itu keuangan harus bisa diatur dengan baik.

Mengatasi pengeluaran dibulan ramadhan tentu nya sangat dibutuhkan, khususnya untuk para ibu rumah tangga dalam mengatur keuangan.

Bagi para ibu rumah tangga pengeluaran itu perlu diatur dengan baik, Agar keuangan tetap ada saat kebutuhan sehari-hari harus dipenuhi.

Baca Juga: SELAMAT! Karolina Bielwaska dari Polandia Raih Gelar Miss World 2021

Dalam Islam kita dianjurkan agar bisa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Budgeting memudahkan kita untuk bisa mengatur keuangan, sehingga terhindar dari hutang. Ini dia tips mengatur keuangan dalam Islam:

1. Belanja sesuai dengan kebutuhan
Biasanya jika kita merasa sedang banyak uang apapun ingin dibeli, secara tidak langsung itu akan membuat pengeluaran tidak teratur, karena kita berbelanja sesuai dengan keinginan bukan sesuai dengan kebutuhan, ini yang mengakibatkan keuangan cepat habis.

2. Menghindari hutang
Jika perekonomian sulit sebisa mungkin kita menggunakan uang sesuai dengan kebutuhan, agar pengeluaran setara dengan pemasukan atau bahkan bisa disisihkan untuk ditabung.

Baca Juga: BARANG BUKTI KASUS SUBANG TERBARU: Polisi Temukan Sepasang Sepatu di TKP, Benarkah Milik Amel?

Karena dengan kita berhutang belum tentu kebutuhan yang lain terpenuhi, yang ada hanya mempersulit pikiran, dan mengambil langkah yang penuh resiko.

3. Perbanyak sedekah
Bersedekah dibulan ramadhan termasuk salah satu ibadah, karena dibulan itu kita tidak hanya dianjurkan untuk berpuasa dan mengerjakan sholat tarawih, sebaiknya sedekah juga dilakukan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @sintianitaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x