Allah Mengampuni Seluruh Makhluk Nya di Malam Syaban, Kecuali Dua Orang Ini

- 17 Maret 2022, 20:07 WIB
Allah Mengampuni Seluruh Makhluk Nya di Malam Syaaban, Kecuali Dua Orang Ini.
Allah Mengampuni Seluruh Makhluk Nya di Malam Syaaban, Kecuali Dua Orang Ini. /orami magazine/

PRIANGANTIMURNEWS- Ada banyak dalil tentang keutamaan bulan Syaban dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW, salah satunya banyak-banyak memohon keampunan dan berpuasa.

Malam Nisfu Syaban juga dinamakan malam pengampunan atau malam maghfirah. Imam Al Ghazali RA mengistilahkan malam Nisfu Syaaban sebagai malam yang penuh dengan syafaat atau pertolongan.

Ada banyak hadist tentang keutamaan bulan syaban ini. Hadits pertama diriwayatkan dari Abu Musa Al Asy'ary RA. Dalam hadits ini, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah akan benar-benar melihat di malam nisfu Sya'ban, kemudian Dia mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali untuk seorang musyrik atau seorang musyahin (orang yang bermusuhan)." (HR Ibnu Majah).

Baca Juga: 5+ Amalan Nisfu Syaban yang Dapat Dilakukan untuk Menyambut Ramadhan

Kedua, dalil berikutnya yaitu hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA, yang berkata, "Rasulullah SAW bangun pada suatu malam mendirikan solat dan sungguh lama sujudnya sehingga aku menyangka beliau telah wafat.

Apabila aku melihat demikian aku menggerakkan ibu jarinya dan bergerak. Kemudian aku kembali dan setelah Rasulullah mengangkat kepala dari sujudnya dan selesai sholat, beliau bertanya, 'Wahai Humaira (Aisyah), apakah engkau menyangka Nabi telah mengkhianatimu?' Aku menjawab, 'Tidak, demi Allah Ya Rasulullah, akan tetapi aku menyangka engkau telah diwafatkan karena terlalu lama sujud.' Kemudian Rasulullah bertanya, 'Tahukah kamu, malam apa ini?'

Aku menjawab, 'Allah dan Rasul-Nya lebih tahu!' Rasulullah bersabda, 'Malam ini adalah malam Nisfu Syaban. Sesungguhnya Allah SWT melihat kepada hamba-hamba-Nya pada malam Nisfu Syaban dan memberi keampunan kepada mereka yang beristighfar, memberi rahmat ke atas mereka yang meminta rahmat dan ditangguhkan terhadap mereka yang dengki sebagaimana adanya (tidak diberi keampunan dan rahmat).'" (HR al-Baihaqi)

Baca Juga: DETIK-DETIK Polda Jabar Menetapkan Tersangka Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Orami Magazine


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x