Kapan Bulan Ramadhan 2022 Tiba? Simak Tanggal dan Penetapan bulan Puasa 1443 H

- 26 Maret 2022, 08:00 WIB
Masjid Agung dengan nuasan malam yang indah di bulan Ramdhan
Masjid Agung dengan nuasan malam yang indah di bulan Ramdhan /Usnplash/ Ashkan Forouzani

PRIANGANTIMURNEWS- Bulan Ramadhan 2022 akan segera tiba dan umat muslim harus menyambut bulan suci Ramadhan ini dengan riang dan gembira.

Karena bulan Ramadhan bulan yang mulia, di dalamnya terdapat banyak keberkahan dan amal perbuatan dilipat gandakan, dan umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selama bulan suci ini.

Penetapan tanggal Ramadhan akan jatuh pada bulan April, namun pemerintah belum memastikan penetapan 1 bulan Ramadhan 2022.

Baca Juga: 15 Twibbon Pilihan Ramadhan 2022: Download Di Sini

Jika diperhitungkan bulatan bulan Syaban jatuh pada 4 Maret, maka bisa diperhitungkan bulan suci Ramadhan akan jatuh pada 2 April 2022.

Namun tanggal diatas belum dipastikan, karena dalam menentukan awal Ramadhan harus menggunakan metode hilal dan rukyah yang ditetapkan oleh pemerintah dalam sidang Isbat.

Sementara itu, Muhammadiyah telah menentukan kapan waktu bulan Ramadhan. Melalui Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah nomor 01/MLM/I.0/E/2022.

Baca Juga: Doa Husnul Khotimah Bahasa Arab: Amalkan Doa ini Agar Meninggal dalam Keadaan Islam   

Dalam maklumat tersebut, penetapan 1 Ramadhan 1443 H berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Halaman:

Editor: Muhammad Adam Mubarok

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x