Keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi di Hari Jum’at dan Waktu yang dianjurkan

- 13 Mei 2022, 15:20 WIB
Kautamaan dan waktu membaca al-Quran surah Al-Kahfi
Kautamaan dan waktu membaca al-Quran surah Al-Kahfi /Pixabay.com/Pexels

PRIANGANTIMURNEWS- Hari Jumat merupakan hari paling mulia diantara enam hari lainnya, ada banyak keutamaan di dalamnya termasuk membaca surah Al-Kahfi pada hari jumat.

Selain itu, ibadah dan amalan sholeh seperti bersedekah, membaca sholawat, dzikir sebelum ashar adalah deretan dari keutamaan di hari Jumat.

“Sebaik-baiknya hari di mana sang surya menyinarinya adalah hari Jumat. Pada hari Jumat nabi Adam 'alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke dalam surga, dan dikeluarkan darinya. Dan kiamat tidak terjadi kecuali pada hari Jumat” (H.R. Muslim).

Baca Juga: Buah Nanas Berkhasiat Meredakan Nyeri Haid Bagi Wanita

Maka, hari Jumat harus bisa dimanfaatkan untuk beramal kebaikan, seperti halnya membaca dan mengamalkan surah Al-Kahfi.

Apa itu Surah Al-Kahfi?

Surah Al-Kahfi merupakan surah ke 28 dalam ayat Al-quran yang terdiri dari 110 ayat dan tergolong dalam surah Al-Makkiyah atau surah Al-Quran yang turun di Mekkah.

Surah Al-Kahfi ini bercerita tentang 7 seorang pemuda yang pergi meninggalkan kota demi menyelamatkan iman mereka dan mempertahankan ketauhidannya di jalan Islam.

Dalam perjalannya, 7 pemuda beristirahat di suati goa, dan kemudian diselamatkan Allah SWT dengan cara menidurkan selama 309 tahun lamanya, kemudian saat ini terbangun dari lelapnya, mereka merasa telah tidur satu hari saja.

Halaman:

Editor: Muhammad Adam Mubarok

Sumber: Majmu' Syarif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x