Tata Cara Shalat Istikharah: Niat, Doa dan Waktu Terbaik Melaksanakannya

- 25 Mei 2022, 06:14 WIB
ilustrasi shalat
ilustrasi shalat /orami/

PRIANGANTIMURNEWS- Ibadah shalat istikharah bermanfaat dalam menentukan suatu pilihan yang seakan menurut manusia itu sulit namun Allah akan mempermudahnya. Selain bisa menenangkan hati, shalat istikharah juga bisa membantu menentukan pilihan hidup sesuai dengan petunjuk Allah SWT.

Shalat ini sangat penting untuk dilakukan karena manusia merupakan makhluk yang lemah dan sangat butuh pertolongan Allah dalam setiap urusannya. Setinggi apapun ilmu yang dimiliki, manusia tidak akan mengetahui perkara yang gaib. Manusia juga tidak mengetahui manakah kejadian yang baik dan buruk pada masa yang akan datang.

Shalat istikharah merupakan salah satu ibadah sunnah Nabi bagi seseorang yang ingin mengharapkan sesuatu hal yang mudah, namun masih bingung dalam menentukan pilihan, maka dari itu Nabi menganjurkan untuk melakukan shalat istikharah dua rakaat, seperti bingung dalam menentukan suatu jodoh, pekerjaan dan lain-lain.

Baca Juga: Westlife Siap Gelar Konser di Jakarta, Cek Tanggal dan Harga Tiketnya

Selain bisa menenangkan hati, shalat istikharah juga bisa membantu menentukan pilihan hidup sesuai dengan petunjuk Allah SWT. Shalat istikharah bisa dilaksanakan asalkan tidak di waktu-waktu terlarang. Dalam Fiqih Empat Madzhab, Syaikh Abdurrahman Al Juzairi menjelaskan, disunnahkan bagi setiap muslim untuk melakukan dua rakaat shalat istikharah saat hendak menentukan sesuatu. Terutama saat bimbang atau ragu ketika menentukan pilihan.

Berikut adalah niat shalat istikharah yang bisa dilakukan:

Latin:
Ussholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala.

Baca Juga: PSSI dan PT LIB Koordinasi Persiapan Turnamen Pramusim, Akan Digelar Pertengahan Juni 2022

Artinya:
Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Islam nu.or.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah