Puasa Sunnah Tarwiyah dan Arafah Dzulhijjah Lengkap dengan Niat dan Artinya

- 8 Juli 2022, 09:55 WIB
ilustrasi waktu menunggu berbuka puasa.
ilustrasi waktu menunggu berbuka puasa. /Preefik

PRIANGANTIMURNEWS - Pada hari ini kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah 1443 Hijriah. Berdasarkan hasil sidang isbat yang digelar Kementerian Agama pada hari Rabu tanggal 29 Juni 2022 menetapkan 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Juli 2022

Sebagaimana yang diketahui bulan ini merupakan bulan istimewa bagi umat Islam yang melakukan ibadah haji. Dan bagi mereka yang tidak melaksanakannya, di bulan Dzulhijjah terdapat dua puasa sunnah, puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah, yang bila dikerjakan Allah menjanjikan pahala yang sangat luar biasa meskipun termasuk ibadah puasa sunnah.

Artinya, jika dikerjakan akan mendapatkan pahala, namun apabila tidak diamalkan tidak akan berdosa, namun tidak akan mendapatkan apa-apa.

Baca Juga: TRANSFER PEMAIN: Newcastle United Ingin Kalahkan Arsenal dan Liverpool Untuk Dapatkan Pemain Berusia 26 Tahun

Puasa Tarwiyah dan Arafah ini tergabung di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah. Keutaman mengerjakan puasa ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu An-Najah dan Abdullah bin Abbas bahwa, Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Puasa pada hari Tarwiyah akan diampuni dosa setahun lalu, sedangkan puasa hari Arafah akan diampuni dua tahun" H.R. Tirmidzi.

Bagi orang yang mencintai amalan sunnah, dan sudah terbiasa mengerjakan puasa sunnah, tentunya tidak akan melewati dua hari tersebut.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Singkat Padat, Tema 'Menyambut Idul Adha 2022 Agar Lebih Bermakna' , Lengkap

Pelaksanaan puasa Tarwiyah dan Arafah sama saja dengan mengerjakan puasa di bulan Ramadan, termasuk waktu berbuka dan makan sahurnya. Sebelum mengerjakan puasa tersebut, bagi yang mau puasa wajib untuk melafalkan niat puasanya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Jendela Dakwah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x