5 Peristiwa Besar dalam Islam yang Terjadi Hari Jumat, Salah Satunya Kiamat Kubro

- 20 Januari 2023, 06:20 WIB
 Semua umat muslim laki-laki diwajibkan melaksanakan shalat Jum'at di Masjid./Pixel
Semua umat muslim laki-laki diwajibkan melaksanakan shalat Jum'at di Masjid./Pixel /

PRIANGANTIMURNEWS - Hari Jumat adalah hari yang agung bagi umat muslim diseluruh dunia, karena hari tersebut merupakan sayyidul ayyam yang merupakan penghulunya hari dalam Islam. 

Di hari Jumat ini pula, Rasulullah SAW menyampaikan beberapa peristiwa besar terjadi.

Selain muslim laki-laki melaksanakan shalat wajib Jumat sebagai rutinitas, menjadi keharusan untuk Muslim menyambut hari Jumat dengan amalan ibadah lainnya.

Baca Juga: Doa Yang Terkabul! Bunda Corla Tidak Menyangka Hal Ini Akan Terjadi
 
Itu karena, banyak keutamaan ada di hari Jumat. Selain penuh dengan keberkahan, juga doa-doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT akan didengar dan dikabulkan selama tidak buruk.

Rasulullah SAW bersabda: “Apabila datang hari Jumat, maka setan akan berpagi-pagi dengan membawa benderanya menuju pasar-pasar sambil menaburkan rintangan atau penghalang-penghalang sehingga mereka mengakhirkan shalat Jumat.

Sementara para malaikat berpagi-pagi dan duduk di pintu-pintu masjid mencatat manusia berdasarkan tingkatan mereka yang lebih awal sampai imam keluar." (HR. Abu Daud).

Baca Juga: Spoiler Manga One Piece Chapter 1072, Terungkapnya Kloningan Manusia yang Sempurna

Di antaranya ada beberapa peristiwa yang Rasulullah sabdakan, itu terjadi atau akan terjadi pada hari Jum'at. DIantaranya peristiwa tersebut adalah:

1. Penciptaan dan Wafatnya Nabi Adam AS

Ternyata Nabi Adam AS diciptakan oleh Allah pertama kali saat hari Jum'at, serta diwafatkan Allah SWT di hari yang sama pula.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Brebes Mengaji Youtube Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x