Ini yang Ditunggu-tunggu, Tiga Jenis BLT Januari 2021 Ini Mulai Disalurkan, Pastikan Anda Sudah Te

- 9 Januari 2021, 11:34 WIB
Presiden RI Joko Widodo
Presiden RI Joko Widodo /Instagram Jokowi/

PRIANGANTIMURNEWS- Presiden Joko Widodo pada bulan Januari 2021 telah meluncurkan tiga jenis bantuan langsung tunai (BLT) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) se-Indonesia.

Tiga jenis bantuan yang diluncurkan yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Selain secara simbolis diberikan kepada sejumlah penerima yang hadir di Istana Negara, juga dilaksanakan penyerahan bantuan tunai oleh para gubernur di 34 di Indonesia yang terhubung secara virtual.

Baca Juga: Ternyata Ternak Domba dengan Cara Digembala Lebih Menguntungkan daripada di Kandang

Hal itu termasuk yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Jabar Dodo Suhendar.

Dalam laporannya, Dodo menuturkan jumlah KPM penerima bantuan tunai tahun 2021 alami penurunan karena adanya KPM yang graduasi atau lulus dari jeratan kemiskinan.

Sebelumnya pada tahun 2020 jumlah KPM yang menerima bantuan tunai dari pusat yaitu sebanyak 7.659.907 KPM, sedangkan tahun 2021 ini sebanyak 7.421.816 KPM.

Baca Juga: Segera Dibuka Pendaftaran 1 Juta CPNS, Persiapkan Dokumen Sejak Dini agar Bisa Lolos

Adapun rinciannya, 1.718.362 KPM penerima Program Keluarga Harapan (PKH), 3.515.180 KPM akan menerima bansos program sembako atau BNPT dan 2.188.274 KPM akan menerima bantuan sosial tunai (BST).

“Untuk BST sebesar Rp 300 ribu per KPM tiap bulannya yang akan disalurkan mulai Januari hingga April ini, untuk BNPT itu Rp 200.000 per KPM setiap bulannya selama setahun ini dan untuk PKH itu disalurkan dalam empat termin yaitu Januari-April-Juli-Oktober, untuk jumlah bantuannya masih dikonfirmasi,” ucap Dodo.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x