Berdayakan Pilar-pilar Sosial, Kemensos Percepat Pemberian Bantuan Korban Banjir Manado

- 28 Januari 2021, 08:53 WIB
Karang Taruna sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di lokasi sedang mempersiapkan bantuan.*
Karang Taruna sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di lokasi sedang mempersiapkan bantuan.* /Satrio Widianto/Pikiran Rakyat/Dok. Kemensos/

PRIANGANTIMURNEWS -  Kementerian Sosial melakukan gerakan cepat untuk mengatasi bencana yang terjadi di Indonesia.

Begitu pula dengan bencana banjir yang terjadi di Manado. Kemensos melalui pilar-pilar sosial terus bergerak memberikan bantuan kepada korban bencana banjir di Manado, Sulawesi Utara.

Salah satunya dilakukan Karang Taruna sebagai salah satu Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) di lokasi bencana.

 

 Baca Juga: Perbanyak Resapan dan Penghijauan untuk Atasi Banjir Bandang di Bandung

Karang Taruna Indonesia Bangkit Kelurahan Ranotana Weru dan Karang Taruna Tumou Tou Kecamatan Wanea Kota Manado bersama Lurah langsung ke lokasi pasca terjadi bencana banjir di Kelurahan Ranotama Weru Lingkungan 2. 

Mereka juga langsung mengevakuasi, menggalang donasi,  memberikan bantuan dan dukungan moril bagi warga yang terdampak, baik warga yang tewas, sakit serta terluka.

"Kami melakukan edukasi kepada masyarakat lewat medsos dan secara langsung. Pascabencana, kami melakukan assesment terlebih dahulu di lapangan. Serta berkoordinasi dengan Pemerintah dan pihak Kelurahan terkait data berapa banyak KK yang terdampak. Penanganan yang kami lakukan berdasarkan skala prioritas, yaitu KK yang mempunyai penyandang Disabilitas, Lansia Fakir Miskin, dan Ibu Hamil" jelas Ferly Kokong, Ketua Karang Taeuna Indonesia Bangkit, Kel. Ranotama Weru, Kec. Wanda, Kota Manado.

Baca Juga: Anggota Komisi VIII DPR RI Menyayangkan Sikap Diskriminasi di Padang

Karang Taruna Teladan Nasional Tahun 2017 juga menginisiasi kegiatan donor darah berkoordinasi dengan Pemda setempat, seperti Dinas Sosial, donatur serta para relawan lainnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x