Ancaman Terbaru Virus Nipah Pasca Pandemi Covid-19

- 29 Januari 2021, 11:30 WIB
Ilustrasi virus dalam botol
Ilustrasi virus dalam botol /Shutterstock/

PRIANGANTIMURNEWS- Pandemi Covid-19 masih belum selesai banyak dikabarkan kemunculan virus varian baru atau yang disebut dengan Virus Nipah.

Dikabarkan bisa melonjak kapan saja, seperti yang telah terjadi di China dengan ratusan korban jiwa.

Virus ini kembali dikhawatirkan akan menjadi yang paling ditakuti pasca pandemi Covid-19.

Dalam laporannya The Guardian hasil dari sebuah studi independen mengatakan bahwa tidak ada satupun perusahaan farmasi besar dunia yang bakalan sanggup jika pandemi ktu terjadi.

Baca Juga: Perpustakaan Dispusipda BI Corner Pangandaran Raih Jaura 1

Jayasree K. Iyer, direktur eksekutif Access to Medicine Foundation, sebuah nirlaba yang berbasis di Belanda, menyoroti wabah virus Nipah yang terjadi di Cina, dengan tingkat kematian hingga 75 persen, dan berpotensi menjadi risiko pandemi besar berikutnya.

“Virus Nipah adalah penyakit menular lain yang muncul dan menimbulkan kekhawatiran besar. Nipah bisa meledak kapan saja. Pandemi berikutnya bisa jadi infeksi yang resistan terhadap obat," kata dia. Dikutip dari Antara, 'Virus Nipah, ancaman baru setelah pandemi COVID-19' Kamis, 29 Januari 2021.

Virus Nipah masuk dalam daftar salah satu dari 10 penyakit menular dari 16 penyakit yang diidentifikasi oleh WHO sebagai risiko kesehatan terbesar masyarakat, bersama dengan Mers dan Sars - penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus corona dan memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi daripada COVID-19 tetapi tidak terlalu menular.

Baca Juga: DPR RI FPKS : Vaksin Terbaik Adalah Pangan Yang Cukup dan Terjangkau

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x