Menparekraf Sebut Para Pelaku UMKM dan Ekonomi Kreatif Harus Melek Digital

- 11 Maret 2021, 19:18 WIB
Menparekraf, Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Bogor pada Rabu, 10 Maret 2021.
Menparekraf, Sandiaga Uno saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Bogor pada Rabu, 10 Maret 2021. /Twitter/@sandiuno/

PRIANGANTIMURNEWS – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno menyebutkan bahwa proses digitalisasi sangatlah penting untuk dipahami oleh setiap pelaku ekonomi kreatif terutama yang ada di desa wisata.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam kunjungannya ke Desa Batu Layang, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, 10 Maret 2021.

Dikutip priangantimurnews.com dari humas kemparekraf, Sandiaga juga menekankan agar pelaku UMKM bisa memaksimalkan proses digitalisasi dan ekosistem digital atau e-commerce.

Baca Juga: Cara Daftar Gelombang 14 Kartu Prakerja, Berikut Persyaratannya

“Para pelaku UMKM di sini harus melek digital dan Kemenparekraf akan melakukan inisiasi agar lebih banyak UMKM di sini yang tergabung dalam ekosistem digital atau e commerce,” tutur Sandiaga dalam kunjungan tersebut.

Sandiaga juga menuturkan, bahwa Desa Batu Layang merupakan wilayah dengan koneksi internet yang sangat baik, sehingga sangat diperlukan adanya pengenalan dan pendampingan mengenai e-commerce bagi para pelaku ekonomi kreatif di desa tersebut, agar mereka bisa memiliki akses terhadap pasar yang lebih luas.

“Kita akan all out, mendampingi. Karena saya meyakini, selain pelatihan, harus didampingi, di-onboarding. Setelah itu, kita harus pastikan mereka memiliki akses terhadap pasar, akses permodalan, dan juga akses untuk scale up,” ujarnya.

Baca Juga: Kabar Mengejutkan, Mantan Atlet Voli Timnas Putri Indonesia Aprilia Manganang ternyata Seorang Laki-laki, Andi

Selain itu, Sandiaga juga menjelaskan bahwa pihaknya saat ini tengah bersinergi dengan program pemulihan ekonomi yang telah diluncurkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yang bernama Borongdong.id. dan akan mebusahakan agar para pelaku UMKM yang ada di daerah tersebut bisa bergabung di dalamnya.

“Ini akan kita sinergikan dengan pendampingan marketplace dan UMKM. Jadi nanti kita akan undang marketplace-marketplace besar termasuk yang sudah dibina oleh teman-teman Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” jelas Sandiaga.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x