Sambut Hari Kartini 2021, Puan Maharani Ajak Para Perempuan Tingkatkan Budaya Literasi

- 20 April 2021, 17:47 WIB
Puan Maharani sedang menyampaikan materi tentang pentingnya budaya literasi.
Puan Maharani sedang menyampaikan materi tentang pentingnya budaya literasi. /Website DPR RI/

PRIAGANTIMURNEWS– Ketua DPR RI Puan Maharani menjadi narasumber pada kegiatan talkshow dalam menyambut Hari Kartini 2021 yang digelar secara virtual oleh Perpusnas pada hari Selasa, 20 April 2021.

Dalam kegiatan talkshow tersebut, Puan Maharani mengajak para perempuan untuk meningkatkan budaya literasi dan menyampaikan pentingnya memiliki kemampuan berliterasi.

“Kemampuan literasi adalah kemampuan mendasar yang dapat menjadi pijakan bagi seseorang untuk menghadirkan kehidupan yang lebih baik bagi dirinya sendiri maupun bagi banyak orang,” ucap Puan Maharani.

Baca Juga: Bagi yang Tidak Mendapatkan Uang THR Tahun Ini, Bisa Langsung Lapor ke Kemenaker Melalui Ini

Puan Maharani merupakan Ketua DPR perempuan pertama di Indonesia menjelaskan bahwa kemampuan literasi seperti membaca, menulis, serta mengolah dan memahami informasi, menyerap ilmu pengetahuan, berpikir kritis, dan memiliki pemecahan sosial yang terjadi di Indonesia.

Kemampuan literasi juga bukan hanya kemampuan yang terbatas akan membaca dan menulis. Namun, kemampuan tentang mengolah, memahami, dan menyerap segala informasi dan gunakan pemikiran yang kritis serta memecahkan permasalahan yang terjadi.

Dalam talkshow bertema ‘Peran Kartini Masa Kini dalam Meningkatkan Budaya Literasi’, Puan Maharani menyampaikan bahwa R.A Kartini memiliki kemampuan literasi yang tertuang dalam karya ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ yang isinya sangat menginspirasi para perempuan Indonesia untuk bergerak maju dalam pemikiran maupun literasinya.

Baca Juga: UEFA mengecam rencana Liga Super yang 'memalukan', Larangan, Anggaran hingga Jumlah Dan Hibah dari Elite

Meningkatkan budaya literasi tidak lepas dari bagaimana cara menumbuhkan budaya literasi itu sendiri. Nah disini peran aktif perempuan Indonesia sangat penting dan menentukan. Apalagi perempuan merupakan figur rajin dan konsisten khususnya di keluarga.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: DPR RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x