Hari Talasemia Sedunia, Kenali Diagnosis Thalasemia Mayor

- 8 Mei 2021, 14:00 WIB
Obat Thalassemia.
Obat Thalassemia. /Pikiran Rakyat/

PRIANGANTIMURNEWS– Hari Talasemia sedunia jatuh pada Sabtu, 08 Mei 2021. Pada tahun ini, perayaan hari Talasemia mengangkat tema ‘Ayo Skrining! Menuju Zero Kelahiran Talasemia Mayor’.

Skrining adalah proses pencarian atau proses yang harus dijalan oleh setiap individu yang memiliki riwayat penyakit Talasemia.

Penyakit Talasemia adalah penyakit kelainan genetik yang merusak sel darah merah, sehingga darah tidak dapat menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh dengan baik.

Sedangkan, Thalassemia Mayor adalah salah satu jenis penyakit turunan dari talasemia yang memiliki nama lain anemia Cooley.

Baca Juga: Resep Kue Nastar Empuk dengan Selai Nanas, Cocok Buat Lebaran

Dilansir priangantimurnews dari Direktorat P2PTM Kemenkes (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan), Inilah Diagnosis Thalassemia Mayor yang dapat dilakukan, sebagai berikut:

Pertama, Anamnesis.

Anamnesis adalah memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat oleh manusia secara fisik dan ilmu kedokteran, yaitu memiliki riwayat penyakit keluarga yang anemia atau pasien Thalassemia.

Riwayat transfusi berulang (jika sudah pernah melakukan tranfusi darah sebelumnya), wajah memucat dalam wakty lama (kronis), Jika terjadi pada anak, anak akan nampak kuning (ikterus), memiliki riwayat mudah infeksi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: p2ptm Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x