Percepatan Vaksinasi Covid-19, Mendagri: Perlunya Keterlibatan Langsung Kepala Daerah

- 19 Mei 2021, 19:23 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. /Instagram/

PRIANGANTIMURNEWS- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menekankan tentang perlunya keterlibatan Kepala Daerah dalam program percepatan vaksinasi Covid-19.

Dikutip priangantimurnews dari Antara pada Rabu, 19 Mei 2021, Tito meminta kepala daerah agar memberikan dorongan serius kepada kepala dinas kesehatan, terutama untuk melakukan program vaksinasi.

"Tolong rekan-rekan kepala daerah memberikan dorongan yang sangat serius kepada kepala Dinas Kesehatan, terutama untuk melakukan program vaksinasi, apalagi kalau bisa memimpin rapatnya langsung, itu lebih bagus lagi," kata Mendagri dalam rapat rutin koordinasi monitoring pelaksanaan vaksinasi COVID-19.

Tito meminta agar program vaksinasi tidak hanya diserahkan kepala daerah kepada dinas kesehatan, tetapi perlu dipimpin langsung oleh kepala daerah.

Baca Juga: Vaksin AstraZeneca Aman Digunakan dan Vaksinasi Tetap Berjalan, Berikut Penjelasan Kemenkes

"Di beberapa daerah kami cek itu semua diserahkan kepada kepala Dinas Kesehatan, sehingga ketika menemukan hambatan di lapangan itu di luar kewenangannya," ucap Mendagri.

Mendagri menekankan tentang perlunya keterlibatan langsung kepala daerah dalam jalannya program vaksinasi karena kepala daerah merupakan otoritas yang memiliki kewenangan penuh di daerah.

Kepala daerah didorong untuk memiliki skenario dalam menjalankan program vaksinasi di daerah masing-masing karena setiap daerah memiliki situasi di lapangan yang berbeda-beda, katanya.

Mendagri juga menyampaikan dengan percepatan vaksinasi diharapkan kekebalan kelompok masyarakat dapat terwujud sehingga penyebaran pandemi COVID-19 bisa diatasi.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x