Vaksin AstraZeneca Aman Digunakan dan Vaksinasi Tetap Berjalan, Berikut Penjelasan Kemenkes

- 19 Mei 2021, 19:11 WIB
Ilustrasi vaksin astrazeneca.
Ilustrasi vaksin astrazeneca. /Instagram Kemenkes/

PRIANGANTIMURNEWS– Di Indoneisa, Beberapa waktu lalu penggunaan vaksin AstraZeneca sempat dihentikan karena tersebarnya berita yang menyebutkan AstraZeneca tidak aman untuk digunakan, dan memiliki risiko yang besar bila digunakan.

Setelah ditelusuri dan dikaji lebih lanjut oleh para peneliti khususnya peneliti Kimia Farma yang memproduksi vaskin, mengatakan tidak ditemukannya zat yang berbahaya dalam vaksin AstraZeneca.

Dalam hal ini, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memberikan penjelasan terkait Vaksin AstraZeneca yang aman untuk digunakan.

Baca Juga: Turut Berduka Atas Meninggalnya Wimar Witoelar, Khofifah: Selamat Jalan Pak WW

Seperi dilansir priangantimurnews.com dari Kemenkes RI di akun @kemenkesri mengungkapkan setidaknya ada 8 alasan kenapa vaksin AstraZeneca aman untuk tetap digunakan di Indonesia, yaitu:

Pertama, WHO (World Health Organization) menilai vaksin AstraZeneca masih jauh lebih besar manfaatnya atau kegunaanya dalam meminimalisir penyebaran Covid-19, daripada risiko yang ditimbulkan

Kedua, Vaksin AstraZeneca telah mendapatkan Emergency Use Listing (EUL) dari WHO pada 15 Februari 2021.

Baca Juga: Israel Terus Membombardir Gaza, Meski Badan Internasional telah Meminta untuk Gencatan Senjata

Ketiga, Berdasarkan rekomendasi WHO tanggal 16 Maret 2021 bahwa efikasi vaksin AstraZeneca terbaik didapatkan pada interval pemberian vaksin 12 minggu (76%).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram Kemenkes


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x