Pemerintah Selesaikan Pembangunan Tiga Bendungan untuk Tingkatkan Produktivitas Lumbung Pangan Nasional

- 24 Juni 2021, 20:11 WIB
Bendungan Kuningan, di Jabar. (Foto: Humas Kementerian PUPR)
Bendungan Kuningan, di Jabar. (Foto: Humas Kementerian PUPR) /Tangkapan layar setkab.go.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan tiga bendungan baru dan melakukan pengisian air awal (impounding) pada Juni 2021 guna untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Ketiga bendungan multifungsi yaitu
pertama Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung.

Kedua Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan ketiga  Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Berita Transfer Manchester United: dari Persetujuan dengan Jadon Sancho, hingga Masa Depan Eric Bailly

Ketiga bendungan yang merupakan Program Strategis Nasional (PSN) bertujuan menambah tampungan air sehingga kontinuitas suplai air irigasi ke lumbung-lumbung pangan nasional terjaga.

“Pembangunan bendungan harus diikuti dengan pembangunan jaringan irigasinya, sehingga dengan adanya suplai air yang kontinu dari bendungan, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam setahun,” ujar Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Kamis 24 Juni 2021.

Tambahnya,  dengan dibangunnya bendungan serta bending dan kelengkapan jaringan irigasi yang bersumber dari bendungan diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan intensitas tanamnya.

Baca Juga: Lirik Lagu Bahagia Bersamamu Oleh Haico Ven Der Veken dan Rangga Azof

Bendungan Way Sekampung memiliki kapasitas tampung 68 juta meter kubik yang akan dimanfaatkan untuk penyediaan air irigasi seluas 72.707 hektare di Daerah Irigasi (DI) Sekampung seluas 55.373 hektare dan menambah areal irigasi DI Rumbia Extension seluas 17.334 hektare.

Selain mendukung kebutuhan pangan di Lampung, bendungan dengan luas genangan sebesar 800 hektare ini juga dapat dimanfaatkan sebagai infrastruktur pengendalian banjir sebesar 185 meter kubik/detik karena terintegrasi dengan Bendungan Batutegi dan Bendungan Margatiga (on-going).

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x