Sebagai Bentuk Transparansi, Polri Menyediakan Dashboard Highlight tentang Program 1 Juta Vaksin Perhari

- 27 Juni 2021, 13:42 WIB
Tangkap Layar Dashboard Highlight pelaksanaan Progran 1 Juta Vaksin Perhari yang disediakan Polri
Tangkap Layar Dashboard Highlight pelaksanaan Progran 1 Juta Vaksin Perhari yang disediakan Polri /Humas Polri/

PRIANGANTIMURNEWS- Sebagai bentuk transparansi kepada masyarakat, Polri telah menyediakan Dashboard Highlight terkait dengan target pemerintah 1 juta vaksinasi per hari yang dapat dipantau dan diakses melalui https://serbuanvaksinasi.polri.go.id/highlight. Hingga saat ini, sebanyak 1.285.460 orang terpantau sudah divaksin.

Melalui Dashboard tersebut, Publik dapat melihat secara real time total masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi. Serta, provinsi mana yang terendah dan tertinggi jumlah vaksinasi tersebut.

Demi menciptakan data akuntabel, Polri juga menggandeng Dirjen P2P (Pencegahan dan Pengendalian Penyakit) Kemenkes RI untuk pemantauan jumlah vaksinasi Covid-19. Hingga saat ini dalam pengitungan lembaga itu setidaknya sudah 1.285.353 orang disuntik vaksin.

Baca Juga: Gelar Pelantikan, PK PMII STAI Miftahul Huda Subang Usung Tema Optimalisasi Kader di Abad 21

Tak hanya itu, Polri juga melibatkan Komite Penanganan Covid- 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC- PEN) dalam pengitungan vaksinasi. Dari Dashboard itu tercatat sudah 1.301.663 yang telah melakukan vaksinasi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit menuturkan bahwa untuk terus mempertahankan tren satu juta vaksin sehari, telah disiapkan sejumlah strategi. Diantaranya adalah, setiap provinsi menyiapkan minimal tiga sentra vaksinasi di Provinsi, Bidokkes, RS Bhayangkara, dan di Mapolda.

"Setiap Polres menyiapkan minimal 2 sentra vaksinasi, Polres di pulau Jawa, Polresta Polrestabes minimal 3 sentra vaksin," ujar mantan Kapolda Banten ini.

Baca Juga: Terkait Beredarnya Berita Hoax, Wapres KH. Ma’ruf Amin: Masyarakat Perlu di Edukasi

Sigit juga menuturkan perlu adanya pengamanan dan percepatan distribusi vaksin dari biofarma ke kab kota selanjutnya untuk kegiatan vaksinasi. Selanjutnya, akan dilakukan juga mobilisasi masyarakat atau peserta oleh Ditbinmas dan Bhabinkamtibmas Polsek dan Polres untuk mengantisipasi hoaks atas KIPI atau kehalalan vaksin, terutama astrazeneca.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Humas Polri


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah