Luhut Ungkap Anomali Covid-19 di Bali: 91% Warga Vaksin, Tapi Kasus Tinggi

- 12 Agustus 2021, 21:08 WIB
Luhut Ungkap Anomali Covid-19 di Bali: 91% Warga Vaksin, Tapi Kasus Tinggi
Luhut Ungkap Anomali Covid-19 di Bali: 91% Warga Vaksin, Tapi Kasus Tinggi /Instagram @luhut.pandjaitan/

PRIANGANTIMURNEWS-Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan ada gejala anomali atau keganjilan kasus Covid-19 di Bali.

Menurut Luhut, 91 persen warga Bali dilaporkan sudah menerima vaksinasi tahap pertama, tapi angka kasus aktif masih cukup tinggi.

Karena isu ini, Luhut pun melakukan kunjungan ke Bali, ditemani Menkes Budi Gunadi Sadikin dan Mendagri Tito Karnavian, Kamis (12 Agustus 2021).

"Saya membaca dan melihat laporan bahwa sudah hampir 91% warga Bali mendapatkan suntik pertama vaksin, namun angka kasus aktifnya masih cukup tinggi dan angka kematian juga cukup mengkhawatirkan," ujar Luhut dalam unggahan Instagramnya.

Dalam kunjungannya ke Bali, Luhut mengunjungi pusat-pusat Isolasi untuk melihat sejauh mana efektivitas dari Pusat Isolasi ini.

"Dan dari hasil dilapangan memang masih banyak masyarakat yg tidak mau dan sulit untuk diajak masuk ke Isolasi terpusat yang fungsinya adalah memisahkan mereka sementara dari keluarga yang masih sehat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Baca Juga: Simak, Perbedaan Sakit Kepala Biasa dan Sakit Kepala Gejala Covid-19

Luhut meminta kepada warga masyarakat Bali serta tokoh agama agar menyiapkan protokol ketat seperti kewajiban test PCR/Antigen H-1 dan peserta yang dibatasi maksimal 15 orang dalam pelaksanaan upacara-upacara adat dan keagamaan, agar tidak berpotensi menciptakan kluster penularan baru.

"Dengan begitu nantinya para turis masih melihat Bali sebagai 'tourist destination' yang aman dan nyaman dikunjungi bila pandemi ini usai," kata Luhut.

Luhut meminta langsung kepada Pangdam, Kapolda dan Pemprov Bali untuk bersama-sama mendukung dan saling kompak dalam mempercepat langkah ini demi memutus penyebaran mata rantai covid-19 di Pulau Dewata.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah