Kapal Tanker Berbendera Panama Disita di Perairan Indonesia

- 2 September 2021, 20:37 WIB
Tangkapl layar Kapal tanker berbendera Panama, MT. Zodiac Star, terlihat ditangkap oleh TNI AL atas dugaan melakukan kegiatan ilegal di perairan negara itu dan membawa lebih dari 4.000 ton minyak tanpa izin yang sah di perairan Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, 1 September 2021. Courtesy TNI AL.
Tangkapl layar Kapal tanker berbendera Panama, MT. Zodiac Star, terlihat ditangkap oleh TNI AL atas dugaan melakukan kegiatan ilegal di perairan negara itu dan membawa lebih dari 4.000 ton minyak tanpa izin yang sah di perairan Batam, Kepulauan Riau, Indonesia, 1 September 2021. Courtesy TNI AL. //Handout via REUTERS/

PRIANGANTIMURNEWS- Angkatan Laut Indonesia mengatakan telah menyita sebuah kapal tanker berbendera Panama di perairan Kepulauan Riau setelah kapal asing itu ditemukan membawa lebih dari 4.000 ton minyak tanpa izin yang sah.

Komandan Angkatan Laut Indonesia Laksamana Arsyad Abdullah mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu malam bahwa kapal tanker berbendera Panama, MT. Zodiac Star, ditangkap karena dicurigai melakukan kegiatan ilegal di perairan negara itu.

Angkatan Laut mengatakan kapal tanker berbendera Panama itu membawa 4.600 ton 'minyak hitam', yang dicurigai sebagai limbah, tanpa izin pelabuhan atau izin yang sah untuk mengangkut barang-barang berbahaya.

Baca Juga: Seorang Pria Berlumuran Darah Terkapar di Cisolok Sukabumi, Diduga Korban Begal

“Angkatan Laut tidak akan segan-segan menindak segala bentuk pelanggaran hukum yang terjadi di perairan Indonesia,” kata Laksamana Arsyad Abdullah seraya menambahkan bahwa hasil penyelidikan mereka akan diserahkan ke kejaksaan.

Dengan 19 awak, termasuk 18 warga negara Indonesia dan satu warga negara Malaysia, kapal tanker itu telah dibawa ke pelabuhan Indonesia di Batam untuk penyelidikan lebih lanjut, kata komandan angkatan laut.

Baca Juga: Cetak Generasi Cerdas DPC FKDT Kota Tasik Gelar Lomba Puisi

Insiden tersebut bukan kali pertama kapal berbendera Panama bertabrakan dengan pihak berwenang di perairan Indonesia.

Pada bulan Januari, kapal berbendera Iran dan Panama, MT Horse dan MT Freya, ditangkap di perairan Indonesia karena diduga melakukan pengiriman minyak secara ilegal.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x