Tingkatkan Ekonomi Petani, Kadin Pangandaran Ajak Budidaya Tanaman Porang hingga Menjadi Pengusaha Petani

- 2 September 2021, 19:06 WIB
BIbit porang yang hendak ditanam oleh para petani, Kamis, 2 September 2021.
BIbit porang yang hendak ditanam oleh para petani, Kamis, 2 September 2021. /PRMN/AGUS KUSNADI/

PRIANGANTIMURNEWS- Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Pangandaran mengajak ratusan petani untuk menanam tanaman porang dan menjadi pengusaha petani.

Program budidaya tanaman porang ini, Kadin Pangandaran telah menggandeng pihak Perbankan (BJB) dan PT Joglosemar Karangsari Makmur Semarang sebagai eksportir.

Program budidaya tanaman porang yang bertempat di lokasi penanaman Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi dihadiri oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, kamis, 2 September 2021.

Usai membuka program budidaya tanaman porang, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata sangat mengapresiasi gagasan yang dilaksanakan oleh Kadin Pangandaran.

"Kadin Pangandaran memiliki terobosan yang sangat luar biasa dalam pemberdayaan petani," kata Jeje.

Baca Juga: 5 Perekrutan Terbaik di Tenggat Waktu Jendela Transfer Musim Panas 2021

Jeje berpesan kepada Kadin Pangandaran, bisnis porang di Kabupaten Pangandaran merupakan komoditas baru dan harus menjadi catatan bagi Kadin bahwa ukuran kesuksesan petani bukan dari nilai tukar tetapi bagaimana caranya hasil bumi yang dikelola petani menjadi nilai tambah.

Peran Kadin Pangandaran dengan BJB untuk penanaman porang saat ini memutarkan nilai uang sebesar Rp30 miliar untuk 158 petani.

"Sekarang masa pandemi Covid-19, keuangan dan perekonomian tidak stabil, tapi Kadin, BJB dan PT Joglosemar Karangsari Makmur berani melakukan terobosan yang sangat luar biasa," kata Jeje.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah