Optimalkan Dukungan Teknologi Informasi Menuju Hidup Bersama COVID-19

- 19 September 2021, 19:08 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate.
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. /Instagram.com/@johnnyplate

PRIANGANTIMURNEWS- Dukungan seluruh pihak diperlukan untuk mendukung tatanan kehidupan yang berdampingan dengan COVID-19. Dalam hal ini, pemerintah terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi untuk melindungi masyarakat dalam beraktivitas di tengah pandemi.

Melalui siaran pers Kominfo RI, Virus COVID-19 diperkirakan akan berada di sekitar kita dalam waktu lama. Presiden Joko Widodo mengatakan dan meminta masyarakat untuk belajar hidup berdampingan dengan virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Dalam rangka menuju hidup berdampingan dengan COVID-19, pemerintah tengah mempersiapkan peta jalan dan infrastruktur pendukungnya. Sedangkan kepada masyarakat, kami mendorong untuk disiplin memakai masker, segera vaksinasi dan juga memanfaatkan teknologi informasi,” tutur Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Baca Juga: Satgas TNI Yonif 751 VJS Hadiri Acara Bakar Batu di Mamberamo Raya Papua

Menteri Johnny menegaskan, pemanfaatan teknologi informasi dalam transisi menuju hidup berdampingan dengan COVID-19 sangat krusial.

Epidemiolog sekaligus Peneliti Senior Kamaluddin Latief menjelaskan, penggunaan teknologi dalam aplikasi surveilans untuk mencegah penyakit menular sangat diperlukan. Pemanfaatan teknologi terbukti efektif dalam kehidupan sehari-hari di negara-negara maju, seperti Korea, Jepang, Singapura, dan Taiwan.

“Aplikasi teknologi ini bermanfaat untuk membantu orang yang terkena COVID-19, maupun melindungi masyarakat luas dari kemungkinan keterpaparan. Memberikan informasi tentang situasi sekarang dan tempat yang harus dihindari,” tambah Kamaluddin.

Di tanah air, dalam rangka mengoptimalkan perlindungan kesehatan warga, pemerintah telah menyediakan aplikasi karya anak bangsa PeduliLindungi, yang dapat digunakan sebagai salah satu alat bagi masyarakat dalam berkegiatan berdampingan dengan virus COVID-19.

Baca Juga: Seorang Ustadz di Tangerang Ditembak Orang Tak Dikenal

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah