KKP Perkuat Kelembagaan Pengawasan di Ibu Kota Negara Baru

- 20 Desember 2021, 13:37 WIB
Budisatrio Ziwandono berserta rombongan Komite IV DPR  dalam kunjungan ke Kaltim.
Budisatrio Ziwandono berserta rombongan Komite IV DPR dalam kunjungan ke Kaltim. /Humas KKP/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan memperkuat kewenangan pengawasannya pada masa pemerintahan Ibu Kota Baru, Penajam Pacer Utara, di Kalimantan Timur.

Penyempurnaan sistem tersebut juga merupakan respon terhadap dinamisme pengawasan di wilayah Kaltim, khususnya terkait penggunaan alat tangkap dan pemanfaatan ruang laut yang menimbulkan konflik antar nelayan.

“Untuk merespon dinamika pengawasan di lapangan, tentu kami punya kepentingan untuk peningkatan kelembagaan pengawasan yang saat ini hanya setingkat Satuan Pengawasan SDKP.

Baca Juga: Daftar Pemain Film Aku Bukan Jodohnya, Karya Syakir Daulay, Lengkap Dengan Biodatanya

Kami berencana untuk tingkatkan selevel Stasiun (Eselon III),” ujar Laksda TNI Adin Nurawaluddin saat mendampingi Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI di Satwas SDKP Balikpapan, Kalimantan Timur pada Sabtu 18 Desember 2021.

Adin menambahkan, persoalan regulasi masih sangat kompleks di wilayah Kalimantan Timur.

Selain masih maraknya penggunaan alat tangkap Cantrang dan nelayan Andon yang dapat menimbulkan benturan dengan nelayan, juga terdapat persoalan terkait pengelolaan kepiting dan pemanfaatan wilayah laut.

“Ada sejumlah isu strategis terkait dengan pengawasan, termasuk kabel/pipa bawah laut, pencemaran perairan serta distribusi hasil perikanan secara ilegal,” jelas Adin.

Baca Juga: Lirik Lagu If You're With Me, Ost Snowdrop yang Dinyanyikan Sung Si Kyung serta Terjemahan Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kementerian Kelautan dan Perikanan RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x