BMKG: Hampir Seluruh Wilayah Jawa Barat Akan Terdampak Fenomena La Nina Sampai Tahun Depan

- 23 Desember 2021, 18:05 WIB
 Dwikorita Karnawati di Gedung Pakuan Kota Bandung
Dwikorita Karnawati di Gedung Pakuan Kota Bandung /Instagram @dwikoritakrnawati/

PRIANGANTIMURNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada terhadap fenomena La Nina yang kini sedang terjadi.

Fenomena La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya.

Efek dari fenomena La Nina menyebabkan terjadinya peningkatan curah hujan bulanan di Pulau Jawa, dengan akumulasi curah hujan bulanan dapat meningkat hingga 70 persen.

Baca Juga: Lirik Lagu Dreams Come True Versi aespa yang Remake dari S.E.S, Lebih Masa Kini

La Nina juga berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan sebagainya.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan saat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat di Gedung Pakuan Kota Bandung Kamis 23 Desember 2021, musim penghujan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena ada pengaruh La Nina.

Menurut Dwikorita, pada Desember, berpotensi adanya peningkatan curah hujan 10-70 persen di Bogor, bagian selatan Cianjur, bagian timur Bekasi, bagian selatan Bandung, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya, bagian utara dan tengah Majalengka, Garut, Ciamis, dan Banjar.

 

Baca Juga: Pembangunan Sarana Akuatik Tahap 1 di GOR dalem Adiwijaya Capai 90 Persen

Untuk yang di atas 70 persen, ada di Sukabumi, bagian selatan Majalengka, Pangandaran, Kuningan, dan Cirebon.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x