Waspadai Hujan Lebat di Pergantian Tahun

- 28 Desember 2021, 08:32 WIB
Ilustrasi Hujan Lebat
Ilustrasi Hujan Lebat /

PRIANGANTIMURNEWS - Sepekan terakhir tahun 2021 akan diwarnai cuaca mendung dan hujan sedang atau lebat. Bahaya banjir, petir, dan longsor mengintai. Siklon tropis datang dan pergi. Semua harus waspada.

Hari-hari di sepanjang pekan terakhir 2021 akan diwarnai oleh derai hujan. Hampir semuanya, dari 342 zona musim di Indonesia, telah memasuki puncak musim hujan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, 96,8 persen wilayah Indonesia sudah berada dalam kondisi musim hujan.

Baca Juga: Jadwal Acara Tv Indosiar hari ini, Selasa 28 Desember 2021 Terlengkap

Kemungkinan, momen pergantian tahun harus dirayakan di tengah suasana mendung dan hujan.

Secara umum, hujan berpeluang datang pada hari apapun. ‘’Untuk wilayah Sumatra Utara biasanya hujan terjadi menjelang sore atau di malam hari,’’ ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, di sela-sela acara menginspeksi kesiapan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru 2021/2022 di Stasiun Meteorologi Maritim Belawan, Medan.

Dengan luasnya wilayah Indonesia, yang terbagi dalam 342 zona musim, awal musim hujan terjadi tidak secara serentak. Zona musim di bagian barat menerima musim hujan lebih awal ketimbang yang berada di timur.

Baca Juga: Cara Singkat Download Video TiKTok Tanpa Watermark, Unduh Cepat Disini Melalui HP

Maka, puncak musim hujan 2021/2022 di Provinsi Sumatra Utara terjadi di bulan November-Desember, sedangkan di Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur berlangsung pada Januari-Februari.

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah