Pers Indonesia: Historis dari Masa ke Masa, Perjuangan Tidak Mengenal Lelah

- 22 Mei 2022, 22:21 WIB
Potret salah satu buku yang menjelaskan tentang pers di Indonesia.
Potret salah satu buku yang menjelaskan tentang pers di Indonesia. /PRMN/PRITIMNEWS/NANANG YUDI/

PRIANGANTIMURNEWS- Secara historis, pers telah mengalami perjalanan periodik waktu cukup panjang. Kehidupan pers Indonesia diawali dari masa Hindia-Belanda, Penjajahan Jepang, masa kemerdekaan, era Orde lama, era Orde Baru, dan kini di era reformasi.

Dalam perjalanan sejarahnya, pers Indonesia tidak mengenal lelah. Sebelum Indonesia merdeka, pers menjadi perhatian serius, khususnya dari pemerintah kolonial yang menjajah hampir 350 tahun.

Meskipun Indonesia sudah merdeka kebebasan pers masih dikhawatirkan akan terancam dengan berbagai bentuknya.

Baca Juga: Pelayanan Publik Harus Mengarah Pada SSO

Kondisi perkembangan kebebasan pers menjadi faktor dominan agar pers dapat terus hidup dalam menjalankan peran dan fungsi-fungsinya, turut dipengaruhi oleh realitas politik penguasa pada tiap periode tersebut.

Pada masa Kolonialisme, pers berperan sebagai pers perjuangan bersifat lokal dan merupakan unsur penting dari perjuangan rakyat dalam memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.

Pers perjuangan label kepada pers di masa revolusi kebebasan, murni menyuarakan semangat antikolonialisme. Pers ketika itu sangat jauh dari pemikiran bagaimana mencari keuntungan dan hanya sedikit bisa bertahan dalam situasi demikian, seperti Antara, Medan Prijaji, dan Pemandangan.

Baca Juga: Isi Waktu Luang, Presiden RI ke-6 SBY Melukis di Pantai Pancer Door Pacitan bersama Ribuan Anak-Anak

Selanjutnya pada penjajahan Jepang, regulasi seputar pers berlandaskan undang-undang penguasa (Osamu Seiri) Nomor 16 Tentang Pengawasan Badan-Badan Pengumuman dan Penerangan.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Buku Pengantar Hukum Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x