Fakta Menarik 3 Tokoh yang Merumuskan Pancasila

- 1 Juni 2022, 15:50 WIB
Ilustrasi 3 tokoh yang merumuskan pancasila./YouTube Majalah Bobo
Ilustrasi 3 tokoh yang merumuskan pancasila./YouTube Majalah Bobo /

PRIANGANTIMURNEWS- Pancasila adalah salah satu hal penting bagi bangsa Indonesia karena merupakan dasar negara kita sejarah kelahiran Pancasila tidak terlepas dari beberapa tokoh yang menjadi anggota BPUPKI.

BPUPKI adalah Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. BPUPKI dibentuk untuk menyusun berbagai rencana yang berhubungan dengan persiapan kemerdekaan Indonesia pada 29 Mei - 1 Juni 1945.

BPUPKI menggelar sidang untuk membahas poin-poin penting dalam dasar negara dalam sidang itu ada tiga tokoh nasional yang merumuskan Pancasila.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sempat Sapa Warga, Sebelum ke Rumah Pengasingan Bung Karno di NTT

Yuk simak berikut ini.

1. Muhammad Yamin

Beliau merupakan seorang sastrawan sejarawan budayawan politikus dan ahli hukum dalam sidang itu beliau memberikan 5 hal untuk bisa dijadikan dasar negara saat berpidato.

Lima dasar yang diberikan-nya adalah peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan dan kesejahteraan rakyat.

Tapi saat memberikan usulannya dalam bentuk tertulis gagasan ini berubah usulannya, berubah menjadi ketuhanan yang maha esa, kebangsaan persatuan Indonesia, rasa kemanusiaan yang adil dan beradab, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: YouTube Majalah Bobo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x