Kick Off Fasilitas Change Source untuk Memaksimalkan Bahan Baku Obat dalam Negeri

- 4 Juni 2022, 10:14 WIB
Pengarahan Kick off Fasilitas Change Source Untuk Memaksimalkan Bahan Baku Obat dalam Negeri dan Peresmian Pabrik Bahan Baku Obat/budigsadikin
Pengarahan Kick off Fasilitas Change Source Untuk Memaksimalkan Bahan Baku Obat dalam Negeri dan Peresmian Pabrik Bahan Baku Obat/budigsadikin /

PRIANGANTIMURNEWS- Belajar dari pandemi COVID-19, ketersediaan obat dan alat kesehatan adalah hal yang sangat esensial.

Obat-obatan esensial, mulai dari hulu ke hilir harus diproduksi di dalam negeri, siapa yang buat terserah, jadi kalau ada pandemi lagi kita tidak perlu mencari dari luar negeri.

Program Penguatan industri bahan baku obat ini sesuai dengan Pilar-3 Transformasi yaitu Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan.

Baca Juga: KASUS SUBANG: Apa Sebenarnya Motif Perkara Pembunuhan Ibu dan Anak Ini?

Program Fasilitasi Perubahan Bahan Baku Obat (change source) merupakan komitmen pemerintah untuk memprioritaskan penggunaan Bahan Baku Obat dalam negeri.

Program ini dimulai sejak akhir tahun 2021. Harapannya hasil change source selesai pada September 2022, untuk selanjutnya dimasukkan ke e-katalog, kemudian dimanfaatkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

Pada pelaksanaannya, change source mendapatkan respon yang baik dari industri farmasi di Tanah Air.

Baca Juga: Elit PDIP Tuding Kinerja Ganjar Hanya Main Medsos, Ia Pun Pertanyakan Anggaran Relawan

Beberapa industri farmasi yang telah menyampaikan komitmennya untuk mengganti bahan baku obat impor menjadi bahan baku obat dalam negeri diantaranya PT.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: Instagram @budigsadikin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x