BUMN Cetak Laba Bersih Rp216 Triliun Selama Tahun 2021

- 9 Juni 2022, 15:08 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan BUMN cetak laba Rp216 Triliun selama tahun 2021
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan BUMN cetak laba Rp216 Triliun selama tahun 2021 /Antara

PRIANGANTIMURNEWS - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan, BUMN berhasil mencetak laba bersih sebesar Rp 216 triliun selama tahun 2021.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari transformasi yang dicanangkan Kementerian BUMN.

"Terima kasih kepada pimpinan dan anggota Komisi VI yang mendorong konsolidasi BUMN, dari 108 BUMN menjadi 41 BUMN. Alhamdulillah laba 2021 dibandingkan tahun sebelumnya, yang tadinya Rp 13 triliun, sekarang dengan segala efisiensi dan perbaikan model bisnis yang didukung Komisi VI, laba untuk 2021 sebesar Rp 126. Ini adalah prestasi yang saya rasa luar biasa," ujarnya.

Baca Juga: KASUS SUBANG TERKINI: Terbukti, Inilah Orang yang Membawa Mobil Alphard Sebelum Kejadian

Menurut Erick, perbaikan kinerja BUMN juga berdampak positif terhadap kontribusi untuk negara. Total pajak, dividen, dan PNBP yang diberikan BUMN secara konsolidasi mencapai Rp 371 triliun.

"Total pendapatan BUMN Rp 1.983 triliun atau setara 99 persen dari pendapatan APBN," katanya.

Oleh karena itu, dengan segala pencapaian BUMN, untuk tahun 2023 Kementrian BUMN mengajukan tambahan anggaran sebesar RP 79,7 miliar atau total menjadi Rp 311 miliar dari anggaran sebelumnya sebesar Rp 232 miliar.

Baca Juga: Peringkat 10 Klub Sepakbola Dunia Paling Kaya Saat Ini: Chelsea Ke 8, PSG di Bawah MU

Erick menilai, dengan total aset yang dikelola BUMN mencapai Rp 8.998 triliun, maka pagu ini tentu sangat kecil dibandingkan beban yang dikerjakan.

Lanjut Erick, pagu indikatif yang diberikan kepada Kementerian BUMN menjadi yang terkecil dibandingkan seluruh kementerian. Namun, dirinya menegaskan Kementerian BUMN tetap bekerja secara efisien dan kalkulatif serta optimistis setoran dividen akan kembali normal setelah pandemi nanti.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: BUMN.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x