Presiden Jokowi Menunjuk Politisi Berpengalaman dan Mantan Panglima TNI ke Kabinet

- 15 Juni 2022, 22:09 WIB
Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto usai dilantik sebagai menteri, Rabu 15 Juni 2022.
Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto usai dilantik sebagai menteri, Rabu 15 Juni 2022. /Humas Setkab

PRIANGANTIMURNEWS- Presiden Jokowi menunjuk politisi kawakan Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang, Rabu, 15 Juni 2022.

Zulkifli, 59, yang baru saja bergabung dengan koalisi, adalah ketua Partai Amanat Nasional (PAN). Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Ketua MPR.

Dia menjabat sebagai Menteri kehutanan dari 2009 hingga 2014 di bawah mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. PAN, yang berada di oposisi, melompat ke koalisi pada akhir Agustus.

Baca Juga: Link Nonton Persik vs Arema FC pada Piala Presiden 2022

Jokowi mengganti Menteri Perdagangan saat ini karena dinilai tidak mampu menahan kenaikan harga minyak goreng di dalam negeri.

Harga minyak goreng dibatasi pada bulan Februari dalam upaya untuk menurunkan harga, tetapi itu mendorong para pedagang untuk menimbun stok mereka, yang menyebabkan kekurangan dan menimbulkan kritik terhadap pemerintahan Jokowi.

Baca Juga: Hasil Laga Lanjutan Grup D Piala Presiden 2022, Persikabo Menang Tipis Atas PSM Makasar

“Pengalaman saya yang panjang akan berkontribusi pada upaya untuk memastikan ketersediaan minyak goreng di mana saja (di Indonesia),” kata Zulkifli kepada wartawan setelah dilantik oleh Jokowi.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto, 58 tahun, akan menggantikan Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: The Strait Times


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x