Arti Kata Rungkad dalam Bahasa Sunda, Mengandung Banyak Makna

- 27 Juni 2022, 07:25 WIB
Arti kata rungkad menurut bahasa sunda yang banyak makna dan artinya
Arti kata rungkad menurut bahasa sunda yang banyak makna dan artinya /

PRIANGANTIMURNEWS- Arti kata rungkad dalam Bahasa Sunda membuat banyak orang penasaran. Istilah 'rungkad sayang' belakangan ramai dibincangkan usai seleb TikTok asal Pangandaran membuat konten video dengan istilah tersebut.

Dalam unggahan lain, dia juga mengatakan 'rungkad siti'. Netizen lantas mempertanyakan apa arti rungkad yang sebenarnya. Pasalnya, istilah tersebut terdengar asing bagi mereka.

secara harfiah rungkad artinya hancur, tumbang, dan rusak berkeping-keping. Istilah ini berasal dari bahasa Sunda untuk menggambarkan perasaan seseorang yang sedang tidak baik-baik saja.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Virgo Hari Ini Senin 27 Juni 2022 Mengenai Kehidupan,Percintaan, Karir, dan Keuangan

Meski pun sebenarnya rungkad ini artinya roboh, tapi dalam bahasa gaul merupakan perumpamaan, di mana seseorang sedang berada dalam suatu masalah. Jika dikonotasikan dalam ungkapan lain, istilah rungkad sayang memiliki arti serupa dengan ambyar dalam bahasa Jawa.

Tidak hanya soal percintaan, istilah ini juga bisa digunakan untuk kondisi lain seperti masalah bisnis, finansial, dan lain sebagainya. Misalnya, ketika seorang sedang putus cinta, dia bisa mengatakan 'rungkad sayang'. Contohnya, "Ditinggalkeun kabogoh, rungkad sayang" (ditinggalkan kekasih, hancur aku).

Dalam kondisi lain, ketika seseorang sedang menjalani bisnis kemudian gagal, dia juga bisa mengucapkan kata 'rungkad sayang'. Istilah ini seringkali digunakan untuk menggambarkan perasaannya yang hancur dan tak berdaya.

Baca Juga: fromis_9 Alami Kecelakaan Mobil, Pledis Entertainment Ungkap Kondisi Mereka

Selain situasi yang disebutkan di atas, istilah rungkad juga bisa digunakan dalam konteks lain. Misalnya untuk menggambarkan pohon yang tumbang, orang Sunda juga biasa menggunakan kata rungkad.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: sundaonline.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x