Gandum dan Mie Instant Harganya Melonjak, Ini Penyebabnya?

- 10 Agustus 2022, 10:00 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno.
Menparekraf Sandiaga Uno. /Twitter @sandiuno

PRIANGANTIMURNEWS- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan lonjakan harga gandum termasuk mie instant merupakan dampak dari ketidakstabilan ekonomi global.

Karena dampak dari ketidakstabilan ekonomi global juga pandemi dan perang Ukraina-Rusia, kata Sandiaga Uno, jelas membuat harga gandum termasuk mie instan melonjak.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan, bahwa Ukraina dan Rusia merupakan negara penyuplai hampir 30 hingga 40 persen gandum dunia. Dengan demikian lonjakan harga gandum termasuk mie instant bukanlah tanpa sebab.

Baca Juga: Babak Baru Kasus Kematian Brigadir J: Ferdy Sambo Terancam Hukuman Mati

Dengan itu, Menparekraf Sandiaga Uno berpesan kepada para pelaku ekonomi kreatif kuliner yang berjualan mie instant untuk mempersiapkan strategi dan inovasi.

Menparekraf Sandiaga Uno menegaskan dengan kondisi seperti ini jangan lantas membuat kita pasrah, justru harus momentum bagi semua untuk mengoptimalkan sumber pangan.

"Dan berbagai produk ekonomi kreatif lokal sehingga kita tidak terus menerus ketergantungan dengan bahan baku impor," ungkap Menparekraf, dikutip dari Twitter @sandiuno.

Baca Juga: Info Liverpool: Diminati Wolves, Gelandang 51 Juta Euro Ini Tunggu Tawaran Resmi Klopp, Kapan?

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apapun kecuali ingin melihat perang (Rusia-Ukraina) dapat segera selesai dan rantai pasok pangan, pupuk dan energi segera diperbaiki.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Twitter @sandiuno


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x