Mengapa Soeharto Tidak Diculik dan Dibunuh Pada Saat G30S PKI? Ini Faktanya!

- 24 September 2022, 10:24 WIB
Potret Jenderal Soeharto Saat Masih G30S PKI
Potret Jenderal Soeharto Saat Masih G30S PKI /Instagram @cendana.archives/

PRIANGANTIMURNEWS - Mengapa Soeharto tidak diculik dan dibunuh PKI peristiwa Gerakan 30 September G30S masih menyimpan teka-teki hingga hari ini salah satunya menyangkut peran presiden kedua RI Soeharto.

Diantara berbagai teori tentang dalang G30S ada yang meyakini Soeharto lah yang sebenarnya berada dibalik peristiwa G30S dan pembantaian ratusan ribu orang yang menyusulnya.

Teori ini didukung sebuah pertanyaan sederhana Mengapa Soeharto tidak ikut diculik dan dibunuh oleh PKI seperti jenderal-jenderal lainnya.

Perlu dipahami dulu keadaan politik yang melatarbelakangi peristiwa G30S Kenapa G30S terjadi selama puluhan tahun pemerintah Orde Baru dan sekolah mengajarkan peristiwa G30S adalah ulah Partai Komunis Indonesia PKI.

Baca Juga: PENYIKSAAN MENGERIKAN! Trauma Seumur Hidup Sulemi Mantan Prajurit Cakrabirawa!

Dikutip priangantimurnews.com dari Youtube Matahati Pemuda, faktanya penculikan dan pembunuhan para Jenderal pada 1 Oktober 1965 tak bisa dilihat sebagai kesalahan tunggal PKI peristiwa G30S dipicu dari kabar burung yang mengatakan adanya sekelompok Jenderal atau dewan Jenderal yang hendak mengkudeta Presiden Soekarno.

Dalam kematian DN Aidit dan kejatuhan PKI menulis PKI mendapat informasi ini dari rekan mereka di militer yang merupakan simpatisan PKI saat itu terbelah menjadi beberapa faksi yang saling memperebutkan pengaruh dan kekuasaan.

Ada sebagian kecil yang Simpati terhadap PKI PKI adalah salah satu partai penguasa saat itu kader-kadernya duduki kursi dewan dan kursi pejabat berikutnya adalah faksi-faksi yang justru anti terhadap PKI ada yang setia terhadap Soekarno dan ada yang tidak.

Baca Juga: KASUS SUBANG: Mengejutkan! Sidik Jari Yoris Sengaja Dihapus Pelaku Pembunuhan!

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Youtube Matahati Pemuda


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x