MENGERIKAN! Nasib Tragis Pencipta Lagu Genjer Genjer

- 30 September 2022, 15:26 WIB
Ilustrasi Lagu Genjer Genjer yang identik dengan PKI
Ilustrasi Lagu Genjer Genjer yang identik dengan PKI /Tangkapan Layar Youtube Pegawai Jalanan/

PRIANGANTIMURNEWS - Siapa yang tak mengenal lagu Genjer Genjer lagu yang kemudian diidentikkan dengan Partai Komunis Indonesia ini sesungguhnya merupakan lagu yang diciptakan sebagai bentuk sindiran pada kemiskinan di masa penjajahan Jepang.

Dikutip priangantimurnews.com dari Youtube Pegawai Jalanan, Lagu karya Muhammad Arif yang diciptakan pada awal tahun 1940-an ini cukup terkenal di masa itu khususnya di Banyuwangi bahkan Genjer Genjer seakan menjadi lagu perjuangan rakyat miskin yang tertindas oleh kekejaman penjajahan Jepang.

Sebuah lagu yang menggambarkan kesengsaraan rakyat yang hanya bisa mengambil Genjer untuk memenuhi kebutuhan makanan sehari-hari ini sesungguhnya diangkat dari lagu Dolanan yang berjudul Tong salah gentak.

Berdasarkan keterangan teman sejawat almarhum Muhammad Faris lagu rakyat yang hidup di Banyuwangi itu kemudian diberi syair baru seperti lagu Genjer Genjer yang selanjutnya menjadi terkenal ini setelah kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Shin Taeyong Rekomendasikan Pemain Timnas Indonesia Gantikan Marc Klok di Laga Persib vs Persija!

Lagu genjer-genjer menjadi sangat populer setelah banyak dibawakan penyanyi penyanyi dan disiarkan di radio Indonesia karena lagu ini sangat terkenal dan telah dianggap sebagai lagu yang menyimbolkan perjuangan rakyat jelata.

Terlebih Irama Musiknya yang enak didengar maka banyak orang yang senang menyanyikannya termasuk pula orang-orang PKI yang memang senantiasa mengidentikkan partainya sebagai partai perjuangan bagi buruh dan Tani.

bahkan Kemudian pada masa demokrasi terpimpin Partai Komunis Indonesia yang terus gencar melancarkan kampanye besar-besaran untuk meningkatkan popularitas gerak menggunakan lagu yang menggambarkan penderitaan warga desa ini menjadi salah satu lagu propaganda yang disukai dan dinyanyikan pada berbagai kesempatan.

Akibatnya orang mulai mengasosiasikan lagu ini sebagai lagu PKI di tahun 1960-an lagu ini sangat populer dinyanyikan oleh Lilis Suryani dan juga Bing Slamet.

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: YouTube PEGAWAI JALANAN


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x