Inalillahi! Gunung Semeru Meletus, Masyarakat dan Wisatawan Dilarang Beraktivitas

- 9 November 2022, 21:26 WIB
Ilustrasi  kondisi terkini Gunung Semeru
Ilustrasi kondisi terkini Gunung Semeru /Magma ESDM

PRIANGANTIMURNEWS- Gunung Semeru yang ada di wilayah Jawa Timur kembali meletus. Tampak abu vulkanik yang terlempar di atas puncak Semeru sejauh 1.500 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru,Mukdas Sofian mengatakan aktivitas Gunung Semeru ini terekam di seimograf dengan amplitude maksimum 30mm dan durasi 0 detik pada pukul 15.50 WIB.

“Kolom abu tepantau berwarna putuh hingga abu-abu dengan intensitas tebak kea rah Timur Laut.” kata Mukdas.

Baca Juga: Ketakutan! Timnas Indonesia Melawan Eropa Pada Piala Dunia Mini di Spanyol, Benarkah Seperti Itu

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologo (PVMBG) merekomendasikan masyarakat, pengunjung atau wisatawan untuk tidak melakukan aktifitas apapun di sektor tenggara sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 km dari pusat erupsi.

PVMBG juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada potensi tejadinya jatuhnya awan panas,jatuhan lahar di sepanjang sungai hulu Gunung Semeru.

Aktivitas erupsi Gunung Semeru ini terdapat di Kawah Jonggring Seloka yang berada di arah tenggara Gunung Semeru.Aktivitas ini berupa letusan gunung berapi dan abu strombolian dan terjadi tiga sampai empat kali perjam.

Baca Juga: Manusia Yang Sudah Memiliki Khodam, Ini 7 Ciri Yang Bisa Diketahui

Letusan tipe strombolin dan biasanya diikuti pembentukan kubah dan lidah lava baru.Sementara letusan eksplosif biasanya diikuti oleh aliran awan panas.***

 

 

 

 

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x