Tanggul Jebol sebabkan Banjir Deras, Perumahan Semarang Terancam Tenggelam, 1 Nyawa pun Melayang

- 7 Januari 2023, 10:07 WIB
Banjir di Perumahan Dinar Indah, Meteseh, Semarang, Jawa Tenggah screeshoot dari antaranews.com
Banjir di Perumahan Dinar Indah, Meteseh, Semarang, Jawa Tenggah screeshoot dari antaranews.com /

PRIANGANTIMURNEWS– Banjir deras kembali terjang Kota Semarang pada Jum’at, 6 Januari 2023. Dilaporkan bahwa banjir tersebut mengalir deras dan menggenangi perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang, Jakarta Timur pada sore hari.

Menyebabkan satu orang laki-laki berusia 57 tahun harus meregang nyawa dan satu orang mengalami kritis yang tidak lain adalah adiknya sendiri dalam insiden banjir akibat tanggul jebol tersebut. Saat itu diketahui korban tengah terkunci dikamar, sehingga menyulitkannya untuk keluar saat banjir datang.

“Didobrak sama tim sar, tapi itukan sudah gak bisa. Airnya sudah dari dalem dari luar sudah dating. Tadi toh ketemu, sudah diperiksa-periksa sendiri sudah ndak ada gimana gitu,” ungkap Ninuk Tuniati, salah seorang warga.

Baca Juga: Inilah Sosok Tiko, Pemuda Viral yang Rawat Ibunya di Rumah Besar Terbengkalai Tanpa Listrik

Derasnya intensitasnya hujan di kawasan Meteseh, Tembalang, Kota Semarang sejak beberapa hari membuat Sungai Pengkol yang melintas di sekitar perumahan Dinar Indah akhirnya meluap. Serta menyebabkan tanggul jebol akibat muatan air yang melimpah dan aliran deras pada sore hari itu.

Kondisi tersebut dilaporkan terjadi dalam sekejap, dimana air aliran Sungai Pengkol menerjang deras perumahan tersebut. Menyebabkan perumahan terendam hampir 2 meter lebih. Beberapa warga di perumahan tersebut bahkan ada yang mengevakuasi disi spontan ke atap rumah.

Dilaporkan bahwa sebanyak 44 rumah terendam banjir di perumahan Dinar Indah tersebut, serta 36 enam kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 134 jiwa harus mengungsi sementara waktu akibat dampak banjir tanggul jebol tersebut.

Baca Juga: Pertandingan Sepak Bola, Pokja Jurnalis Taklukan PJU Polres Tasikmalaya 4-2

Relawan serta PMI dengan sigap terlebih dahulu mengevakuasi wanita dan anak-anak terlebih dahulu, membawanya ke Masjid sekitar perumahan Dinar Indah.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x