24 Anak di Tasikmalaya Keracunan Cikbul! Kemenkes Langsung Sebar Surat Edaran untuk Jabar

- 9 Januari 2023, 14:29 WIB
Cikbul atau yang disebut Chiki ngebul harga kisaran Rp 10.000 sampai termahal Rp. 50.000
Cikbul atau yang disebut Chiki ngebul harga kisaran Rp 10.000 sampai termahal Rp. 50.000 / Youtube channel @aldisetiawan6331/

PRIANGANTIMURNEWS – Provinsi Jawa Barat (Jabar) tengah ramai dengan pemberitaan kasus keracunan massal terkait makanan ringan bernama Ciki Ngebul (Cikbul), yang terjadi pertama kali di Kabupaten Tasikmalaya.

Dr Ryan Bayu Santika Rustandi, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) mengatakan pada Dinas Kesehatan Pemprov Jabar setidaknya pada akhir tahun 2022 kemarin. Sebanyak 28 kasus anak telah mengalami keracunan makanan ringan tersebut.

Dari laporan yang Ryan sampaikan, kasus pertama tersebar di Kabupaten Tasikmalaya dengan laporan masuk bulan November 2022 dan kemudian di Kota Bekasi pada laporan Desember 2022.

Baca Juga: SIMAK! Mulai Tahun 2023, Korlantas Polri Rubah Warna Pelat Nomor Kendaraan dan Pasang Chip RFID

Dimana rincian dari 28 anak tersebut diantaranya 8 anak bergejala, 16 tak bergejala, serta 2 anak melakukan rujuk.

“Yang makan Cikbul di Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 24 orang. Dari jumlah, 7 orang bergejala, 16 orang tanpa gejala, dan 1 orang dirujuk ke RS SMC. Sementara di Kota Bekasi, yang makan Ckbul ada 4 orang, 1 orang bergejala, dan 3 orang tanpa gejala,”ungkap Ryan.

Kasus yang disebabkan oleh Cikbul sendiri sangat bervariasi, diantaranya bisa mengalami rasa sariawan, bibir kering, nyeri tenggorokan, gangguan pencernaan, iritasi kulit, keracunan perut, alergi, pencetus asam lambung, dan salah satunya peradangan usus.

Dalam pengamatan Ryan, anak yang mengalami gejala cukup serius seperti peradangan si usus disebabkan oleh mengkonsumsi bagian sisa cairan dari nitrogen yang terkandung dalam Cikbul. Sementara nitrogen cair sendiri berbahaya, untuk lambung terutama jika dikonsumsi anak-anak.

Baca Juga: Jam Lahir Pengaruhi Kepribadian Buah Hati, Berikut 13 Kepribadian Anak Berdasarkan Jam Lahirnya

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x