Kabar Sulawesi Utara Hari ini: Cuaca Ekstrem Berpotensi hingga Picu Hujan ES dan Banjir

- 13 Januari 2023, 08:26 WIB
Ilustrasi hujan es.
Ilustrasi hujan es. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Pulau Sulawesi beberapa waktu lalu memang tengah dilanda bencana hidrometeorologi yang mengakibatkan korban jiwa dan beberapa rumah rusak, tidak terkecuali di Sulawesi Utara yang memiliki daerah rawan banjir dan longsor.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Sulawesi Utara akan berpotensi mengalami cuaca ekstrem sampai hari MInggu, 15 Januari 2023.

Dhira Utama, Kepala BMKG dalam Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado di Manado, pada Kamis 12 Januari 2023 melaporkan:

Baca Juga: Amalan Jumat: 5 Fadilah Keutamaan Surat Al Kahfi, Salah Satunya Terjaga dari Gangguan Setan

“Beberapa wilayah patut mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat mengakibatkan bencana hidrometeorologi seperti banjir atau genangan, puting beliung, hujan es maupun tanah longsor,” ungkapnya.

“Pemerintah dan masyarakat diimbau untuk memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air yang siap untuk mengantisipasi peningkatan curah hujan,” lanjutnya.

Diperkirakan bahwa wilayah-wilayah yang berpotensi dilanda cuaca yang cukup ekstrem diantaranya adalah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Talaud, Kabupaten Minahasa.

Baca Juga: Lukas Enembe Ditangkap KPK, AHY: Masyarakat Papua Tetap Tenang, Demi Terciptanya Situasi Yang Kondusifitas

Selain itu juga, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kota Manado, Kota bitung, Kota Kotamobagu dan Kabupaten Minahasa Utara.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x