10 Daftar Gerbang Tol Getaci, Tol Terpanjang di Indonesia di Antara Dua Provinsi

- 14 Januari 2023, 10:51 WIB
Gambar Proyek Jalan Tol Getaci (Gedebage, Tasikmalaya, dan Cilacap).
Gambar Proyek Jalan Tol Getaci (Gedebage, Tasikmalaya, dan Cilacap). /

PRIANGANTIMURNEWS- Proyek jalan tol Getaci digadang-gadang akan menjadi jalan tol terpanjang yang pernah dibuat oleh Indonesia. Mempermudah akses perjalanan antara Jawa Barat bagian selatan dengan Jawa Barat bagian barat.

Jalan tol yang merupakan perpaduan singkatan dari Gedebage, Tasikmalaya, dan Cilacap ini juga akan membelah dua provinsi. Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah. Dengan lintasan membentang memanjang melewati 98 desa di Jawa Barat.

Total panjang diperkirakan mencapai 206,65 kilometer dengan lintasan di Jawa Barat (Jabar) sepanjang 171,40 Kilometer dilanjutkan dengan ke Jawa Tengah dengan panjang 35,25 kilometer.

Baca Juga: Tujuh Gunung Paling Angker di Indonesia, dari Pasar Jin Sampai Penampakan Pocong di Ranu Kumbolo

Tol tersebut adalah termasuk proyek strategis nasional yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 terkait dengan Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Pembagunannya dibagi dalam 4 seksi yakni seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 km. Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 km.Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 km, dan seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 km.

Dimana pembangunan tol tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mempermudah kegiatan ekonomi, konektivitas, memperlancar distribusi barang dan jawa, serta pengembangan potensi industri dan pariwisata di wilayah Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Baca Juga: Telkom Buka Rekrutmen untuk 36 Posisi Jabatan di Tahun 2023, Simak! Posisi, Cara Daftar, dan link Pendaftaran

Diketahui dana investasi dari pembangunan Tol Getaci mencapai angka 56 Triliun dengan masa pengerjaan 40 tahun terhitung saat 2020 dimana Surat Pemerintah Mulai Kerja (SPMK) telah diterbitkan.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x