Status Gunung Dieng beralih Ke Waspada, Kunjungan Pariwisata tidak Berhenti

- 17 Januari 2023, 17:13 WIB
 Pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah
Pegunungan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah /unsplash/

PRIANGANTIMURNEWS - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada hari Jum'at, 13 Januari 2023 pukul 23:00 WIB telah menaikan status Gunung Dieng menjadi Level II atau Waspada, yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas Gunung di Jawa Tengah.

Seolah kabar tersebut menjadi penyebab kekhawatiran masyarakat sekitar dan kekhawatiran wisatawan yang hendak berlibur ke kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo. Mengingat naiknya status Gunung tersebut.

Lantas pihak Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Banjarnegara Tursiman menegaskan bahwa peningkatan aktivitas Gunung Dieng sebenarnya tidak berdampak pada sektor pariwisata di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng.

Baca Juga: TERBARU! Setelah Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal, Kini Ferdy Sambo Dituntut Hukuman penjara Seumur Hidup

Berubahnya status Gunung Dieng normal menjadi waspada yang dilakukan PVMBG bukan merupakan permasalahan bagi Dinparbud Kabupaten Banjarnegara.

Dinparhub sampaikan pernyataan tersebut setelah melakukan koordinasi bersama Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng PVMBG Surip dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara.

Peningkatan aktivitas di pegunungan api Dieng sebenarnya hanya terjadi di titik-titik tertentu saja. Sehingga masih aman apabila wisatawan dari Jawa Barat, Jawa Timur, Yogyakarta atau lainnya ingin berkunjung ke kawasan Dieng.

"Kunjungan wisatawan masih tinggi karena kemarin saja sampai pukul 15.00 WIB tercatat sudah mencapai kisaran 5.600 orang. Kalau sampai sore mungkin bisa lebih banyak lagi," ungkap Dinparhub.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek Tidak Bisa Lepas Dari Gusdur. Kenapa? Ini Sejarahnya

Halaman:

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Antaranews Instagram @pvmbg_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x