Lucu! Gunung Bromo Masuk Media Internasional, karena Tradisi Lempar Sesajen Tapi Diambil Lagi

- 13 Juni 2023, 09:00 WIB
Salah satu suku Hindu di Gunung Bromo, Jawa Timur tengah melakukan upacara keagamaan Yadnya Kasada dengan menumbakan sesajen, lucunya suku lain menyawernya untuk mencegah stok ternak dan makanan terbuang sia-sia./Instagram @trtworld
Salah satu suku Hindu di Gunung Bromo, Jawa Timur tengah melakukan upacara keagamaan Yadnya Kasada dengan menumbakan sesajen, lucunya suku lain menyawernya untuk mencegah stok ternak dan makanan terbuang sia-sia./Instagram @trtworld /

PRIANGANTIMURNEWS - Gunung Bromo masuk pemberitaan media internasional karena tradisi salah satu suku beragama umat Hindu yang melempar sesajen di kawahnya.

Diberitakan melalui media internasional @trtword dengan tajuk "Pemuja Melemparkan Ternak, Persembahan ke Gunung Berapi" pada Minggu, 11 Juni 2023.

Dalam video yang diunggah media tersebut terlihat salah satu suku beragama Hindu tengah mendaki Gunung Bromo dengan membawa sayur-sayuran dan bahkan hewan ternak hidup seperti kambing.

Baca Juga: Wisata Gunung Bromo Ditutup total, Mengapa, Ini Sebabnya

Sayuran-sayuran dan ternak tersebut adalah sesajen atau persembahan untuk dilemparkan ke kawah Gunung Bromo.

Sebagai salah satu dari upacara keagamaan umat Hindu bernama Yadnya Kasada, yang berusia berabad-abad. Dimana pemeluknya harus menumbalkan sesajen dalam upacaranya penyembahan dewa.

Namun ada hal yang menarik dan lucu, beberapa penduduk desa yang tidak termasuk suku beragama Hindu memanfaatkan jaring yang mereka ambil untuk menangkap sesajen yang dilempar.

Baca Juga: Uji Nyali Tidak Harus di Tempat Angker, Jembatan Bromo bisa jadi Alternatif!

Peristiwa tersebut malah terlihat seperti saweran massal ternak dan sayuran. Mereka tampak mencegah dan menghindari sayur-sayuran serta ternak umat hindu terbuang sia-sia.

Mereka sudah berada di posisi bawah kawah Gunung Bromo, sebelum suku Hindu melempar sesajen mereka.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x