Gunung Anak Krakatau Erupsi, Masuk Level III Masyarakat Dilarang Mendekat Radius 5 KM

- 11 September 2023, 07:30 WIB
lustrasi - Gunung Anak Krakatau mengeluarkan material vulkanik terlihat dari kawasan Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (4/9). ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia/wpa/ama/pri.
lustrasi - Gunung Anak Krakatau mengeluarkan material vulkanik terlihat dari kawasan Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (4/9). ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia/wpa/ama/pri. /

PRIANGANTIMURNEWS - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan

Gunung Anak Krakatau di perairan Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mengalami erupsi.

Peristiwa letusan tersebut terjadipada Minggu 10 September 2023 pukul 12:36 WIB.

Baca Juga: Asal-Usul Sumber Panas Gunung Anak Krakatau dan Awal Mula Lahirnya

Tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 1.157 meter di atas permukaan laut.

“Telah terjadi letusan Gunung Anak Krakatau, Lampung, pada 10 September 2023 pukul 12:36 WIB,” demikian keterangan resmi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Jakarta, Minggu.

PVMBG menjelaskan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 70 milimeter dan durasi sekitar tiga menit 52 detik.

Saat ini Gunung Anak Krakatau berada pada status level III atau siaga sehingga baik masyarakat, pengunjung, wisatawan maupun pendaki diimbau untuk tidak mendekat serta beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

Baca Juga: Peneliti Analogikan Tsunami Anak Krakatau, Seperti Batu yang Dilempar ke Bak Mandi

Gunung api ini tertutup kabut sehingga asap kawah tidak teramati sedangkan cuaca di sekitar berawan dengan angin lemah ke arah barat laut dan suhu udara sekitar 27 derajat celcius serta kelembaban 39 sampai 53 persen.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: PVMBG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x