Polisi Periksa 14 Orang Saksi, Selidiki Penyebab Kebakaran Museum Nasional

- 17 September 2023, 18:00 WIB
 Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin ditemui di Gambir, Jakarta Pusat, Minggu 17 September 2023. ANTARA/Abdu Faisal
Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin ditemui di Gambir, Jakarta Pusat, Minggu 17 September 2023. ANTARA/Abdu Faisal /

PRIANGANTIMURNEWS- Museum Nasional atau museum Gajah yang terletak di Jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat Sabtu malam 17 September 2023 terbakar.

Untuk menyelidiki penyebab kebakaran museum Nasional atau museum Gajah tersebut Polres Metro Jakarta Pusat memeriksa 14 orang saksi.

Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Komarudin ditemui di Gambir, Jakarta Pusat, Minggu, mengatakan 14 saksi itu memiliki ragam latar profesi mulai dari satpam yang bertugas pada saat itu, ada juga pekerja bangunan, dan pekerja-pekerja yang sehari-harinya beraktivitas di Museum Nasional RI.

Baca Juga: Warung Soto Nonoy Jalan Juanda Tasikmalaya Terbakar, Pemilik Alami Kerugian Rp 100 Juta Lebih

"Pasti, kami pastikan proses hukum ditegakkan manakala ditemukan ada potensi-potensi atau hal-hal yang mengarah kepada perbuatan pidana," ujar Komarudin kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Pihak kepolisian sudah bergabung dengan tim yang dibentuk Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya untuk memeriksa dan mengidentifikasi koleksi museum di ruangan-ruangan yang terdampak kebakaran.

Menurut Komarudin, Gedung A Museum Nasional Indonesia terdiri atas 21 ruangan dan enam ruangan di antaranya terdampak kebakaran.

Baca Juga: Kampung Turis di Pangandaran Terbakar, Semua Cafe dan Rumah Makan Hangus

Berdasarkan laporan kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kronologi kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel.

Tidak lama kemudian sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan yang cukup keras dari arah bedeng yang sedang mengerjakan proyek renovasi Museum Nasional.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x